PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR BINATANG DAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

  • HIMMIA HAYATI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak; Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran yang mencakup aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar serta mengatasi kendala – kendala yang muncul selama penelitian dengan menggunakan media miniatur binatang dan tumbuhan.Penelitian ini mengambil tema Makhluk Hidup yang memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media miniatur dapat meningkatkan keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I sebesar 98% dan pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan skor ketercapaian aktivitas guru juga meningkat dimana pada siklus I mendapatkan rata – rata  78,07 dan siklus II sebesar 89,05. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I rata – rata 74,07% dan pada siklus II rata – rata 85,92%. Skor ketercapain aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dimana siklus I skor rata – rata 74,26 dan pada siklus II mendapatkan rata - rata 84,14. Hasil belajar siswa utuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 86,40, siklus II sebesar 91,7. Sedangkan untuk mata pelajaran Matematika dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 80, siklus II sebesar 92,22. Semua kendala selama penelitian juga dapat diatasi.

Kata Kunci: media miniatur, tematik, proses pembelajaran.

 

 

Abstract: The objectives of this research was improving the learning process which covered teacher activities, student activities, result study and solving the obstacles that appear while research by using plants and animals miniature media. This research took living things theme which combined Mathematics and Indonesian subjects. This research uses classroom action research design, which conducted in two cycles. The data collection techniques that used were observation, test and questionnaire. The data which had been collected is analyzed by using qualitative and quantitative description analysis technique.The result of research shows that by using miniature media was able to increase enforceability of teacher activity in the first cycle 98% and second cycle 100%. While the score of teacher activity achievement was also increasing while in the first cycle get the average 78,08 and second cycle 89,05. Moreover, based on the research result showed the increasing of students activity enforceability in the first cycle in the first cycle with average 74,07% and second cycle with average 85,92%. The score of students activity achievement was also increasing which in the first cycle, the average score is 74,26 and second cycle with average 84,14. The result study of students for Indonesian subject with score average in the first cycle was 86,40 and second cycle was 91,70. In mathematics subject score average in the first cycle was 80 and second cycle with 92,22. All of obstacles were also able to be overcomed.

Keywords: plants and animals miniature media, thematic learning, learning process.


 

Published
2013-06-12
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 68