PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Surabaya. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran discovery. Model Pembelajaran discovery merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pandangan konstruktivisme. Model ini menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap suatu konsep dalam pembelajaran melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa yang diamati oleh dua observer, untuk mengetahui hasil belajar siswa ,serta kendala-kendala yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery di kelas IV SDN Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Surabaya dengan jumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, serta wawancara untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pada saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang diperoleh pada tiap siklusnya. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 78,57%, aktivitas siswa 66,07%, dan hasil belajar siswa 63,89%. Pada siklus II, aktivitas guru mencapai 83,9%, aktivitas siswa 78,6%, dan hasil belajar siswa 77,77%. Dan pada siklus III, aktivitas guru mencapai 91,07%, aktivitas siswa 87,5%, dan hasil belajar siswa 94,44%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery yang dilaksanakan dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Surabaya.
Kata Kunci: model pembelajaran discovery, hasil belajar, pembelajaran IPS
Abstract: This study originated from the low student learning outcomes IV elementary school of Surabaya. It is what lies behind researchers to conduct research using learning models discovery. Discovery learning model that was developed based on the views of constructivism. This models emphasized the importance of understanding the concept of learning through active student involvement in the learning process. Purpose of this study was to determine the activity of teachers and students were observed by two observers to determine student learning outcomes as well as the obstacles faced by students during learning by using learning models discovery on the basis of a public school classroom IV of Surabaya. Type of study is classroom action research with a qualitative descriptive method. The subjects were fourth grade student IV elementary school of Surabaya with 36 students. Data collection techniques used were observed to determine the activity of teachers and students, tests to determine learning outcomes, as well as interviews to determine the constraints faced during the learning activities using learning models discovery. Results showed that learning to use the discovery learning models can increase the activity of teachers and students and student learning outcomes. This is evident from the observations obtained in each cycle. I cycle, on the activity of teachers reached 78,57%, student activities 66,07%, and student learning outcomes achieved 63,89%. II cycle, on the activity of teachers reached 83,9%, student activities 78,6%, and student learning outcomes achieved 77,77%. And III cycle, on the activity of teachers reached 91,07%, student activities 87,5%, and student learning outcomes achieved 94,44%. It can be concluded that the application of learning models implemented discovery in Social Study on the preparation of material technology development could increase the activity of the teacher, student activities and student learning outcomes IV elementary school of Surabaya.
Keyword: learning model of discovery, learning outcomes, social studies.
PDF Downloads: 494