PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE KARYA WISATA SISWA SEKOLAH DASAR

  • INTAN NUR FITRIYANI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kegiatan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis. Siswa masih merasa kesulitan untuk menuangkan apa yang perlu ditulis dan cenderung kebingungan memulai dari mana apa yang akan ditulisnya. Siswa tidak langsung menulis dengan menggunakan objek nyata, sehingga materi dianggap sulit. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan  menerapkan metode karyawisata. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode karyawisata, hasil belajar siswa, kendala yang muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pelaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran siklus I pertemuan I  93,7% dan pertemuan II mencapai 100%. Siklus II pertemuan I dan  II mencapai 100%.  Ketercapaian meningkat dari 72,5 pada siklus I menjadi 86 pada siklus II. Hasil belajar siswa menulis laporan mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 66% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan di kelas VB.

Kata Kunci: Metode karyawisata, keterampilan menulis laporan

 

 

Abstract: Background of this research is still low by learning activities that motivate students to be more enthusiastic in learning to write. Students still find it difficult to pour what needs to be written and which tends to confusion start of what will be written. Students do not directly write using real objects, so that the material is considered difficult. Solutions to overcome these problems by applying a field. The purpose of this study is to describe the application of a field methods, student learning outcomes, problems were encountered and how to overcome them. Data collection techniques used observation learning implementation, field notes, and tests. The results showed that the percentage of first cycle of learning activities accomplished meetings and meetings I II is 93,7% to 100%. Second cycle I and II meetings to reach 100%. Attainment increased from 72,5 in the first cycle to 86 on the second cycle. Student learning outcomes report writing classical completeness increased by 66% in the first cycle to 81% in the second cycle. It can be concluded that the application of a field method can improve report writing skills in the classroom of VB.

Keywords: Method of field trips, skills of report writing

 

Published
2013-06-13
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 63