PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

  • IRUL TUFLIKHAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter pada mata pelajaran IPS, mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter, mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media film dokumenter, serta mendeskripsikan dan mengatasi kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran IPS menggunakan media film dokumenter. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Dilakukan melalui tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Simomulyo I Kecamatan Sukomanunggal Surabaya yang berjumlah 36 siswa dengan jumlah laki-laki 16 siswa dan perempuan 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menggunakan menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 75% pada siklus I, 83,75% pada siklus II, 95% pada siklus III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 69,44% pada siklus I, 77,78% pada siklus II, 91,67% pada siklus III. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 63,88% pada siklus I, 77,78% pada siklus II, 88,88% pada siklus III. Respon siswa juga mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 76,52% pada siklus I, 81,87% pada siklus II, 96,31% pada siklus III. Dengan demikian kesimpulannya adalah penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa  dan respon  siswa pada pembelajaran IPS di kelas VA SDN Simomulyo I Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.

Kata Kunci : Media Film Dokumenter, Pembelajaran IPS, Hasil  Belajar Siswa

Abstract: The purpose of this research is to describe the teacher’s activities and student’s activities during learning process using documentary film media at social studies, to describe the students result after learning process using documentary film media, to describe the motivation of students in social studies learning and to resolve the problem during social studies in learning process using documentary film media. This research using class act research method and apply qualitative descriptive research. This research has 3 cycles and every cycle has planning, applying, monitoring and reflcting. The subject in this research is the students of  fifth grade SDN Simomulyo I Sukomanunggal Subdistrict Surabaya which consist of 36 students with amount of male students are 16 students and females are 20 students. The technic of collecting data using observation method, result of the study, and questionnaire. Data analysis technique applied in deskriptif kuantitatif analysis has observation, test and quesioner. The result of this research shows that teacher activities during learning process is increase for 3 cycles with total percentage 75% at the first cycle, 83,75% at the second cycle, 95% at the third cycle. The student’s activities is increase for 3 cycles with total percentage 69,44% at the first cycle , 77,77% at the second cycle, 91,67% at the third cyle. The result of student’s learning process also increase during for 3 cycles with total percentage 63,88% at the first cycle , 77,78% at the second cycle , 88,88 % at the third cycle. The respond of student’s learning also increase with total percentage 76,52% at the first cycle, 81,57% at the second cycle, 96,31% at the third cycle. The conclusion is by using documentary film media it can increase teacher and students activities, students learning result and concept comprehension, and students respond at social studies subject in  the fifth A grade of SDN Simomulyo I Sukomanunggal Subdistrict Surabaya.

Key words : documentary film media, social studies, study result

Published
2013-06-13
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 32