PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

  • JUFRI AHMAT JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Hasil observasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada membaca cerita untuk menyimpulkan isi cerita yang dilakukan di Kelas V berjalan kurang optimal. Hasil belajar menyimpulkan isi cerita yang diberikan oleh guru kelas menunjukkan sebanyak dari 31 siswa masih ada 20 siswa yang kurang mampu dalam menyimpulkan isi cerita. Dalam menyimpulkan cerita, Siswa masih terkesan menceritakan kembali. Kurang mampunya siswa dalam menyimpulkan isi cerita disebabkan oleh guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki pembelajaran menyimpulkan cerita dengan menggunakan media komik. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada Siklus I aktivitas guru memperoleh persentase 100% dengan skor ketercapaian pada pertemuan ke-1 sebesar 77,3 dan 80,4  pada pertemuan ke-2. Sedangkan pada Siklus II keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh persentase 100% dengan skor ketercapaian pertemuan ke-1 sebesar 85,2 dan 91,3 pada pertemuan ke-2. Untuk hasil belajar menyimpulkan isi cerita juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,1 dengan ketuntasan klasikal 67,7% dan Siklus II sebesar 80,1 dengan ketuntasan klasikal 83,87%. Kendala yang muncul dalam pembelajaran yaitu penggunaan media yang terlalu kecil namun hal tersebut dapat diatasi oleh guru dengan membuat media yang lebih besar dalam menyampaikan materi. Untuk itu, media komik cocok digunakan dalam pembelajaran membaca cerita untuk menyimpulkan isi cerita, karena terbukti dapat meningkatkan hasil pembelajaran.

Kata kunci: komik, media, membaca cerita

 

Abstract: Based on the observations in learning Bahasa Indonesia, especially in summarizing the story in the fifth grade student has not run optimally. The result learning to summarize story given by the teacher showed that from 31 student, there were 20 student have less in comprehending the story. In summarizing the story, the students still like tell the  story. The lack of students abillity to summarize story caused by the teacher not use media in the learning, so the learning be not interest. Therefore, the reseacrher conducted action research to increase the teaching of summarizing the story by using comic. The procedure for implementing the research was conducted in two cycles which include three phases: planning, action and observtion, and reflection. The research data reached from observation, test achievement, and field notes. The result of the research showed that the activity of teacher has increased. In the first cycle, activity of the teacher get 100% with the score 77,3in part 1 and 80,4 in part 2. While in cycle II, the activity of the teacher get 100% with the score 85,2in part 1  and 91,3 in part 2. For the result of reading stories test also increased, which is in the Cycle I an average was 72,1 with classical comleteness was 67,7% and in the cycle II the result test was 80,1 with classical completeness was 83,87%. The problems that arise in the learning was the use of media so little but it was can resolve by the teacher with make media more than before in process of the learning. Therefore, comic is suitable in teaching summarizing the story because it proved that can increase the learning.

Keywords: comic, media, reading story


Published
2013-06-13
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 180