MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS DI KELAS VI SDN JANTIGANGGONG II PERAK JOMBANG

  • KIKI ARI ARDHANI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penyajian data merupakan salah satu materi pembelajaran matematika yang ada di kelas VI SD yang terdiri dari kegiatan mengumpulkan dan membacadata, mengolah dan menyajikan data. Dalam kegiatan pembelajaran pengolahan dan menginterprestasikan data tetapi juga pada saat mengumpulkan data anak membutuhkan ketarampilan membuat tabel dan diagram datayang berasal dari pengalam serta orang lain, dalam pembuatan tabel penyajian data dibutuhkan suatu alat (media) agar pembelajaran lebih menarik, siswa ingin belajar (tertarik) dan siswa terlibat dalam pembelajaran, adapun media yang dimaksud adalah media grafis yang merupakan media visual yang mengkombinasikan  fakta dan gagasan secara jelas untuk menyalurkan pesan ke penerima. Kenyataan yang berpusat pada guru, anak merasa bosan dan pembelajaran masih bersifat konvensional dengan mengacu pada buku. Sehingga berpengaruh pula pada hasil belajar, kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media grafis untuk meningkatkan pembelajaran penyajian data kelas VI SD dengan rancangan penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terangkum dalam satu siklus. Adapun  tujuan dari penelitian ini adaalh untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi penyajian data dengan menggunakan media grafis siswa kelas VI SD dan mengetahui langkah – langkah pembelajaran mata pelajaran matematika materi penyajian data yang dapat melibatkan keaktifan  siswa. Adapun hasil dari penelitian adalah satu siklus peneliti rasa kurang cukup aktifitas belajar serta kegiatan mengajar guru masih belum maksimal hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga pada kegiatan ini terdiri dari dua siklus. Dengan instrumen tes, lembar pengamatan belajar siswa, dan lembar pengamatan guru. Adapun hasil penagamtan persiklus mengalami peningkatan pada aktivitas belajar siswa dari 60% menjadi 90% aktivitas mengajar guru dari 60% mrnjadi 80% dan hasil belajar dari 82% menjadi 89%.

Kata Kunci: Media Grafis, Penyajian data

 

 

 

Abstract: Preparing data is one of the material for learning that is studied by sixth graders which contists of collecting activity and reading data, interpreting and serving data. In learning of interpreting data activities is better to include students actively not only is making diagram and intrerpreting data, but also when collecting data, student need skills in making table and diagram that come from students experience and others. In making table of serving data needs media, in order to make studying more interesting, student want to study and include studying, media that is used in this chance is grapic media, it is one of visual media that combine facts and ideas clearly to deliver mesangge from sender to receiver. The caft that is found by researcher in SDN Jantiganggong two Perak Jombang, teacher as the center, student feel boring, and studying is stiil convensional that focus on book. So tjt it is also influences the result of study, and teaching and learning activies. Because of it researcher used classroom research action (PTK) by using graphic action research is planning research, action, observation and reflection, tht is one data. So that researcher used two ster, that is instrument test, observation checklist for student and teacher and interview to collect data. The result of this research is student activities increase from 60% to 90%, teachers activities increase from 60% to 80% anf result of studying increase from 82% to 89%

Key Word : Graphic Media and Studying Of Servis Data

Published
2013-06-13
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 51