PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • KURNIA UTAMI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA di SDN Panjunan masih bersifat konvensional dengan metode ceramah dan tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi siswa mengikuti pembelajaran, sehingga berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta mendeskripsikan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Panjunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, dan angket. Data penelitian ini terdiri dari data pemahaman konsep, data aktivitas guru dan siswa, serta data respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yaitu dari 71,43% pada siklus I menjadi 82,86% pada siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dari 74,52% pada siklus I menjadi 84,62% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu dari 74,71% pada siklus I menjadi 81,27% pada siklus II. Respon siswa mengalami peningkatan yaitu dari 82,54% pada siklus I menjadi 88,57% pada siklus II.

Kata Kunci: IPA, media audio visual, pemahaman konsep

Abstract: Natural Science Learning in Panjunan Elementary currently using conventional lecture method and without the use of instructional media. This leads to low motivation of students participating in learning and therefore contributes to the understanding of concepts. This research purpose to improve student concept of understanding, describing the activities of teachers and students, as well as describing the response of students after participating in learning by using audio visual media. The subjects were fifth grade students of SDN Panjunan. This type of research is a classroom action research. The research data obtained through tests, observations, and questionnaires. The data in this research consisted of data from cognitive, affective and psychomotor learning outcomes, teachers and student activities, and the student response data. The results showed that concept of understanding has increased from 71,43% in the first cycle to 82,86% in the second cycle. Teacher activity increased from 74,52% in the first cycle to 84,62% in the second cycle. Activities of students has increased from 74,71% in the first cycle to 81,27% in the second cycle. Response of students has increased from 82,54% in the first cycle to 88,57% in the second cycle.

Keywords: science, audio visual media, concept of understanding

Published
2013-06-13
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 490