PENERAPAN TEKNIK SCANNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN SIDOARJO

  • LUTVIATUS SOFAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak :Ada berbagai macam jenis membaca salah satunya yakni membaca pemahaman. Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca dalam hati yang dilakukan untuk tujuan belajar sehingga memperoleh wawasan yang lebih luas tentang sesuatu yang telah dibaca. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V Sidoarjo dalam membaca pemahaman masih rendah. Hal itu terbukti dari hasil membaca pemahaman siswa  yaitu 60,61% dari 33 siswa belum dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Adapun penyebab permasalahan pembelajaran membaca pemahaman kelas V guru belum menggunakan teknik pembelajaran membaca yang sesuai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teknik scanning untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, hasil belajar membaca pemahaman siswa, kendala-kendala yang terjadi pada saat pembelajaran membaca pemahaman cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mendapatkan persentase keterlaksanaan 100%. Sementara itu, skor ketercapaian aktivitas guru pada siklus I adalah 76,42 dan 90,71 pada siklus II. Adapun hasil belajar membaca pemahaman siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 72,72% dan 87,88% pada siklus II. Kendala yang muncul pada proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan teknik scanning dapat diatasi dengan memberikan contoh cara menemukan informasi khusus dengan langkah-langkah yang tepat. Jadi, dapat disimpulkan dengan menerapkan teknik scanning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sidoarjo.

Kata kunci : teknik scanning, membaca pemahaman, teks khusus

 

Abstract : There are various types of reading one of them is reading comprehension. Reading comprehension is a silent reading activity undertaken for the purpose of learning so as to obtain greater insight about something that has been read.Based on observations, indicate that the ability of the 5th grade State Elementary School  Sidoarjo in reading comprehension is low. This is evident from the results of students' reading comprehension is 60.61% of the 33 students have not been able to reach the minimum completeness criteria that have been established, namely 70. As for the cause of learning problems in reading comprehension 5th grade state elementary school Sidoarjo, the teachers do not use appropriate reading instructional techniques. This study aims to describe the application of scanning techniques to improve reading comprehension skills, reading comprehension student learning outcomes, the constraints that occur when reading comprehension learning and how to solve.This study uses classroom action research design, which is implemented in 2 cycles. The subjects were teachers and elementary school students Prambon Sidoarjo. Data collection techniques used were interviews, observation, testing and field notes. The technique of data analysis using descriptive qualitative and quantitative.The results showed that the enforceability of the learning activities of teachers during the implementation cycle I and cycle II gets a percentage keterlaksanaan 100%. Meanwhile, scores of achievement of all teachers in the first cycle was 76.42 and 90.71 in the second cycle. The learning outcomes of students' reading comprehension in the first cycle to obtain the percentage of completeness of 72.72% and 87.88% in the second cycle. Problems were encountered in the learning process of reading comprehension by applying scanning techniques can be overcome by providing an example of how to find specific information with appropriate measures. Thus, we can conclude by applying scanning techniques can improve the reading comprehension skills of 5th grade students of elementary school Sidoarjo.

Keywords: scanning techniques, reading comprehension, special text

Published
2013-06-14
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 95