PENERAPAN STRATEGI QUANTUM WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • MEY PRATIWI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Jajartunggal I Surabaya menunjukkan kecenderungan saat pembelajaran menulis, siswa hanya terpaku pada buku atau contoh dari guru sehingga siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan tulisannya tersebut. Permasalahan lainnya, siswa diberi kebebasan untuk menulis namun seringkali tidak ditindaklanjuti dengan serius sehingga karangan siswa belum sesuai dengan ejaan dan struktur karangan yang benar. Untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di SDN Jajartunggal I Surabaya, perlu diterapkan suatu strategi pembelajaran yang menarik, yaitu dengan strategi Quantum Writing yang mendukung penulisan karangan, terutama karangan narasi, sebab dalam prosedur Quantum Writing terdapat tahapan-tahapan yang memudahkan siswa untuk menulis narasi. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran, keterampilan menulis narasi siswa, dan kendala serta solusi dalam penerapan Quantum Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Jajartunggal I Surabaya, yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktifitas guru pada siklus I sebesar 90% dan sebesar 100% pada siklus II. Skor hasil belajar siswa meningkat, persentase keberhasilan siswa pada siklus I sebesar 78,78% dan siklus II sebesar 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Quantum Writing dalam menulis narasi dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Jajartunggal I Surabaya serta memberikan nuansa belajar yang menyenangkan dan membuat siswa aktif, antusias, dan bersemangat dalam menulis.

Kata kunci: keterampilan menulis narasi, strategi Quantum Writing, unsur-unsur narasi.

Abstract

Based on the results of observations in SDN Jajartunggal I Surabaya, showed a tendency when learning to write, students just stare at a book or a sample of the teachers so that students find it difficult to develop these writings. Other problems, students are given the freedom to write, but often not followed up with a seriousness that is written by students not in accordance with the spellings and the correct structure of the essay. To improve writing skills elementary narrative in SDN Jajartinggal I Surabaya, have a applied an interesting learning strategies, in strategies that support Quantum Writing essay writing, especially narrative essay, Quantum Writing for the procedure are the stages that enable the student to write the narrative. The purpose of this study to describe the implementation of learning, student learning outcomes, and constraints and solutions in the application of Quantum Writing to improve the skill to write narratives. This study usesĀ  a research design classs action. Subjects in this study were teachers and fourth grade students, which numbered 33 people. Data collection techniques using observation techniques, the test, and field notes. Achievement of learning has increased from cycle I to cycle II. Teacher activity in cycle I by 90% and cycle II by 100%. Students score increased, the percentage of student success on the cycle I by 78,78% an 100% for the second cycle. From the results it can be concluded that by implementing a strategy of Quantum Writing in narrative writing can improve the skills to write narratives in the fourth grade students in SDN Jajartunggal I Surabaya and give the feel of a fun learning and making students active, enthusiastic and passionate in writing.

Key words : the skills to write narrative, Quantum Writing strategies, elements of the narrative.



Published
2013-06-14
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 31