PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SEKOLAH DASAR

  • MONER - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Absrak Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang ditemukan , yaitu pembelajaran IPS kelas IV pada materi mengenal permasalahan sosial yang sangat menjemukan. Hal ini disebabkan penyajian proses pembelajaran yang dilakukan guru bersifat monoton, menjadikan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar, dan model pembelajaran IPS yang diimplementasikan juga kurang sesuai untuk jenis materi dan belum menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang inovatif dan mampu memfasilitasi proses belajar siswa secara menyeluruh mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) khususnya pada pembelajaran IPS materi mangenal masalah sosial di daerahnya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Data dalam penelitian ini didapatkan dari instrumen lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 69,47 (68,42%), siklus II sebesar 76,05  (78,94%%), dan siklus III sebesar 80,26 (89,47%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa  ada peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa termasuk sikap afektif dan psikomotor siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV

 

Kata Kunci: IPS, model pembelajaran berdasarkan masalah, hasil

 

belajar

 

Astract The background of this research is because the existance a learning problem that is social subject of fourth grade which is very drab. It is because of how the teacher teaches the students in monotonous way, to make text book as the only one source, and the implemented learning model is not slightly appropriate to the kind of the subjects and make students do not want to know more. Therefore, the innovative learning is needed and able to give the facility to the whole students’ learning process include cognitive, affective, and psychomotor by applying the model application of learning based on problem (PBM) especially in IPS subject on social issues in their region.This research classroom action research which the subjects are the teachers and the fourth grade students in with 19 number of students. The data taken from the teachers’ instrument observation sheet, the students’ instrument observation sheet, and the achievement test.The result of this research shows that the applying of this inquiry learning model learning based on problem (PBM) can increase the outcome students with the gained average on cycle I 69,47 (68,42%), cycle II 76,05  (78,94%%),  cycle III 80,26 (89,47%). The result also demonstrates that there is the increase of teachers’ activities, students’ activities, and the outcome of students’ learning included affective and psychomotor. In conlusion, the applying of learning model based on problem  in IPS subject can increase the teachers’ activities, students’ activities, and the outcome of fourth grade students’ learning in

 

Key word: Social studies, learning model based on problem


Published
2013-06-14
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 29