UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SEMESTER I SDN SIDODADI I / 153 SURABAYA

  • MUHLASIN - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: IPA merupakan salah satu mata pelajaran  yang tersusun secara sistematis, berupa pengetahuan, fakta, konsep yang berkaitan dengan fonomena alam dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat dijadikan wahana untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa,  aktivitas siswa, serta aktivitas guru dalam upaya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA khususnya tentang ciri-ciri khusus hewan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi  yang berupa siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi , hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dari siklus I memperoleh nilai 65,80% sedangkan siklus II memperoleh nilai sebesar 85,38% peningkatan tersebut merupakan peningkatan dalam proses pembelajaran maupun hasil evaluasi pada akhir pembelajaran setiap siklus. Simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: STAD,  Hasil Belajar, IPA.

 

Abstract: IPA is one of the subjects that arranged systematically, in the form of knowledge, facts, concepts related to the nature and fonomena occur in everyday life, and can be used as a vehicle to learn about yourself and the natural surroundings. The purpose of this research is to improve student learning outcomes, student activities, and the activities of teachers in an effort to use STAD cooperative learning models in science teaching in particular on the specific characteristics of animals. The approach used in this study is action research and conducted in two cycles. This study measures starting from the planning, implementation or action, observation and reflection in the form of cycles. Data were obtained from the results of observations, the results of the evaluation. The results showed that increased student learning outcomes after the act of learning to use cooperative learning model from cycle I gained 65.80% while the value of the second cycle to obtain a value of 85.38% increase is an increase in the learning process and the results of the evaluation at the end of each lesson cycle. Conclusion that cooperative learning model to improve student learning outcomes, student activities and teachers in implementing the learning activities in the classroom.

Keywords: STAD, Learning Outcomes, IPA.

Published
2013-06-13
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 11