PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • MUHAMMAD DIDIN NASHRUDDIN JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Hasil observasi memperlihatkan bahwa siswa kelas IV SDN Tambakrejo Waru Sidoarjo mengalami kesulitan dalam menulis deskripsi. Siswa belum mampu menggali ide dan gagasan berdasarkan gambar yang diamati. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis deskripsi adalah guru masih menggunakan metode yang belum memudahkan siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dan belum pahamnya siswa tentang keterampilan menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode karya wisata di kelas IV SDN Tambakrejo Waru Sidoarjo, mendeskripsikan hasil belajar menulis deskripsi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode karya wisata di kelas IV SDN Tambakrejo Waru Sidoarjo, dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode karya wisata di kelas IV SDN Tambakrejo Waru Sidoarjo dan solusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I dan siklus II memperoleh persentase keterlaksanaan sebanyak 100 %, pada siklus I nilai ketercapaiannya mencapai nilai 76,79 dan siklus II mencapai nilaiketercapaiannya  84,11. Ketuntasan belajar klasikal hasil menulis deskripsi siswa pada siklus I mencapai persentase 46,66 %, sedangkan pada siklus II mencapai persentase 90 %. Kendala-kendala yang dihadapi adalah guru kurang memfokuskan siswa yang duduk di belakang, cara mengatasinya dengan membrikan pengajaran secara menyeluruh ruang kelas baik yang duduk didepan maupun dibelakang.

Kata kunci : Metode Karya wisata, Keterampilan Menulis, Menulis Karangan Deskripsi.

Abstract: The results of observation showed that the fourth grade students State Elementary School Tambakrejo Waru Sidoarjo had trouble in writing description. The student can find the idea based on picture which was observed. The fact which caused the student problem in writing description was the teacher still used metoda which not made the learning was easy for the students to increase the skill of writing description and the students still misunderstanding the ability of writing description yet. The aims of the research are: describing the learning with the use of study tour metoda in fourth grade sdn, describing the learning result of writing description in the learning with the use study tour in fourth grade sdn, and describing the problems was happened in the learning with the use karya wisata metoda in fourth grade students in sdn, and how to resolve. This research used the action research was conducted in two cycles, and every cycles which include: planning, acting and observing, and reflecting. The technic for of gathering data in the research using by technic observation, test, and field notes. The data was analized using by kualitatif and kuantitatife technic. The research result of the teacher activity in cycle 1 and 2 get percentage was 100%, in cycle In the score reached 76,79 and the cycle II the score reached 84,11. The classical completeness of writing description result in cycle 2 reached 46,66%, while in cycle 2 reached 90%. The problems which happen was the teacher focused the students whom sit in behind less and how to resolve it with gived the teaching to all of student, although the student who sit in front of class or in behind.

Keywords: Study Tour, The Skill Of Writing, Writing Description.

Published
2015-06-16
Abstract Views: 282
PDF Downloads: 266