PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

  • RIZKY WIDYANINGRUM JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak : Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS karena guru hanya menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru, hanya mengandalkan metode ceramah tanpa adanya variasi model pembelajaran yang inovatif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung bosan dan kurang mampu memahami materi dalam pembelajaran IPS maka perlu pemecahan masalah yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes dan lembar angket. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 76,39% pada siklus I, 86,12% pada siklus II, dan 94,45% pada siklus III. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 78,12% pada siklus I, 85,93% pada siklus II, dan 93,75% pada siklus III. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan 35,90% observasi awal, 62,17% pada siklus I, 74,35% pada siklus II, dan 82,05% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar, IPS.

Abstract : The background of this research was the low of student learning result on social studies subject since teacher only applying learning model that only centered on teacher, only relying lecture method without learning model variation that inovative. It cause student tend to bore and unable to understand the matter on social studies learning so it will need a solution namely by applying problem based learning model. Subject and location in this research is fourth grade student of elementary school that amounted of 39 students. Instruments that applied in this research are teacher activity observation sheet, student activity observation sheet, test paper and questionere sheet. Data collection technique in this research using observation technique, test and questionere method. While data analysis technique applying descriptive and qualitative method. Research result show that teacher activity experince improvement during three cycles with completeness percentage 76.39% on first cycle, 86.12% on second cycle, and 94.45% on third cycle. On student learning result also experience improvement with completeness percentage 35.90% on early observation, 62.17% on first cycle, 74.35% on second cycle, and 82.05% on third cycle. Thus, it can be conclude that problem based learning model able to increasing student learning result on social studies at fourth grade of elementary school.

Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Result, Social Studies.

Published
2013-06-26
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 79