PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

  • ROSIANA KHOMSOH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang merasa kesulitan dalam  mengingat dan memahami materi peranan para tokoh perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia disebabkan kronologi peristiwa dan waktunya sangat lampau. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan yaitu mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mendeskripsikan hasil belajar yang dicapai siswa setelah penggunaan media puzzle, dan mendeskripsikan respon siswa selama proses pembelajaran dengan penggunaan media puzzle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilakukan melalui tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, refleksi. Subjek dan lokasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Candirejo II/173 Loceret-Nganjuk. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi (guru dan siswa), tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I memperoleh  pada siklus I persentase 78,13%. Pada siklus II memperoleh persentase 87,5% dan meningkat pada siklus III dengan perolehan persentase 93,75%. Sementara pada aktivitas siswa memperoleh persentase 71,43%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa memperoleh persentase 78,57% dan memperoleh kenaikan pada siklus III dengan perolehan persentase  92,85%. Perolehan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 66. Sedangkan ketuntasan klasikal  kelas 60% dengan rata-rata kelas sebesar. Hasil penelitian mengalami kenaikan pada siklus II persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar dengan Sedangkan ketuntasan klasikal  kelas 70% dengan rata-rata kelas sebesar 73,5. Hasil siklus II belum memenuhi indikator keberhasilan dilanjutkan siklus III persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa  sebesar dengan  Sedangkan ketuntasan klasikal  kelas 85% dengan rata-rata kelas sebesar 81,75. Sedangkan respon siswa memperoleh 84,44%.

Kata Kunci :Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Media Puzzle, Hasil Belajar.

Abstract: The background of this research is the students get difficulties in remembering and understanding the role of the figures that fought for Indonesia independence that is caused by the sequence events happened in the very beginning of the time period. Based on the rationale above, this research aimed to describe the improvement of the teacher’s activities during the implementation of puzzle as a media to improve students’ learning outcomes, to describe the students’ learning achievement after the implementation of puzzle media, to describe the students’ responses during the teaching and learning process when the puzzle media is applied. This study  used classroom action research. Carried through three cycles and each cycle consisting of  planning, implementation and observation, and reflection. Subjects in this study were the fiifth grade of SDN Candirejo II/173 Loceret-Nganjuk. The data collection techniques used in this research were observation sheet (teacher and students), students’ score in the test, and questionnaire about the students’ responses. The analysis techniques to data compiled the form of qualitative and quantitative. The result shows that on the first cycle, the percentage of the success of the teacher and the students’ activities is 78,13% and 71,43%. In addition, the classical success of the class is 60% with the mean of the class of 66. The results got improve on the second cycle in which the percentage of the success of the teacher and the students’ activities is 87,5% and 78,57%. Moreover, the classical success of the class is 70% with the mean of the class of 73,5. However, the results of the second cycle had not met the indicator of success yet. Thus, it was continued to the third cycle in which the percentage of the success of the teacher and the students’ activities is 93,75% and 92,85%. Furthermore, the classical success of the class is 85% with the mean of the class of 81,75. The result from this third cycle has achieved the indicator of success. While respons students in learning social studies using  puzzle media gained 84,44%.

Keywords: Social Studies (IPS), Puzzle media, learning outcomes.

Published
2013-06-26
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 329