PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA REL KERETA BILANGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

  • SARWINDA IKA SUSANTI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak : Matematika di sekolah dasar seringkali diajarkan tanpa media. Seperti hasil observasi pembelajaran matematika di kelas IV SDN Klantingsari 01menunjukkan bahwa pembelajaran penjumlahan bilangan bulat yang dilakukan masih berpusat pada guru dan siswa kurang memahami konsep bilangan bulat sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media rel kereta bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan hasil belajar siswa menggunakan media rel kereta bilangan dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan selama dua siklus. Dapat disimpulkan bahwa materi penjumlahan bilangan bulat dapat diajarkan dengan menggunakan media rel kereta bilangan karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci: bilangan bulat, media, penjumlahan, rel kereta bilangan

 

Abstract: Mathematics in elementary schools often taught without media. Such as the observation of teaching mathematics in fourth grade students of SDN Klantingsari 01 show that the addition of the integers learning is still centered on the teachers and students didn’t understand the concept of integers that gives impact to the decreasing student learning outcomes. In connection with these problems, researchers conducts a study using the numerial railway media to improve learning outcomes in addition of integers. The purpose of this study are to describe the activities of teachers and describe the student’s learning outcomes using numeral railway media in learning addition of integers. This research was a classroom action research (CAR) by quantitative descriptive method, which performs two cycles. Data collection techniques are observation and testing techniques. The results show that the activity of teachers and student learning outcomes has increased significantly during two cycles. It can be concluded that the addition of integers material can be taught using numerial railways media can increase the number of teacher activity and student learning outcomes in learning.

Keywords: integers, media, addition, numeral railway media

Published
2013-06-26
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 56