PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • SISCA PRADINI OLYVIA PUTRI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi guru tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan media gambar berseri. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik bertema pekerjaan dengan memanfaatkan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa, hasil belajar menulis karangan narasi siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian aktivitas guru mengalami peningkatan nilai dari 76 menjadi 84,7. Sementara itu, ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari 65% menjadi 85%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar berseri dalam pembelajaran tematik bertema pekerjaan dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN Tlanak III Kedungpring Lamongan.

Kata kunci : media gambar berseri, pembelajaran tematik, keterampilan menulis karangan.


 

 

Abstract: The background of this research teachers do not use media that conforms to the material being taught. The solution to these problems is to use the series images media. The purpose of this study describe the implementation of thematic learning themed work by utilizing media beamed images to improve students' writing skills essay, narrative essay writing learning outcomes of students, as well as the obstacles and how to overcome them. This study uses classroom action research (CAR). This research uses descriptive qualitative approach and quantitative descriptive. Data collection techniques in this study using observation, testing, and field notes. The results of teacher activity has increased the value of 76 to 84.7. Meanwhile, completeness classical study increased from 65% to 85%. From these results it can be concluded that the use of  series images media in thematic learning job skills of essay writing can improve third-grade students of SDN Tlanak III Kedungpring Lamongan.

Key words: series images media, thematic learning, essay writing skills.

Published
2013-06-26
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 120