PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS I SD

  • KHOTIMAH - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi peneliti di SDN Manukan Kulon II/499 Surabaya tempat peneliti mengajar, dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode atau model pembelajaran lama. Guru hanya menggunakan metode ceramah, sedangkan siswa hanya duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru. Guru juga hanya terpaku pada buku paket. Hal ini membuat pembelajaran menjadi membosankan dan menimbulkan rasa malas pada siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada nilai prestasi belajar siswa. Keadaan semacam ini juga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa pada apa yang sedang dipelajari. Siswa hanya akan paham selama materi itu disampaikan. Namun sesudahnya siswa akan lupa begitu saja karena konsep yang tertanam dalam pikiran siswa kurang begitu kuat. Hal ini  mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Dari sinilah perlu adanya perubahan pada proses pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa bahwa apa yang mereka pelajari menjadi lebih bermakna dan tidak mudah hilang meski waktu pelaksanaan pembelajaran sudah lewat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 77,1% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 76,25% dan pada siklus II aktivitas siswa mencapai 86,36%. Sementara itu hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 72,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema lingkungan di kelas I SDN Manukan Kulon II/499 Surabaya.

 

Kata kunci: model, contextual, teaching and learning

Abstract: Based on the observation in SDN Manukan Kulon II/499 Surabaya, the place where the observer teaches, in learning process the teachers still use the old teaching process. The speech method is used in which the students is just listening to the explanation. The teacher only use one book as a source learning process. This method are boring and makes students lazy which influences the score of students’ achievement. This situation also influences the students’ understanding to what is being learned. Students will only understand in the class and forget it after class dismissed. The consequence is the low of students’ outcome under the standard score (KKM). So that it needs the change of learning process in which students feel what they are learning are important and hard to forget it even the process has passed.This research is the follow-class research as much as two cycles which each cycle consists of planning, implementation and observation, and reflection. The data taken of this study uses abservation and test technique.The result of this research shows that teachers’ activites on cycle I 77,1% and it increases on cycle II 87,5%. Students’ learning process also increase. On cycle I students’ activities reach 76,25% and on cycle II it becomes 86,36%. While the students’ learning outcome on cycle I 72,5% and on cycle II it increases to 87,5%.The conclusion taken from this research is the implementation of contextual teaching and learning model can increase the first grade students’ outcome in science subject of environment theme n SDN Manukan Kulon II/499 Surabaya.

Key words: model, contextual, teaching  and teaching

Published
2013-07-01
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 117