PENERAPAN STRATEGI SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • NOFIYA YULIANI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN Sekargadung II Pungging Mojokerto dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam membaca intensif.  Hal ini disebabkan guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi dan membantu siswa dalam menemukan kalimat utama melalui membaca intensif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan aktivitas guru, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam membaca intensif, dan mendeskripsikan kendala serta cara mengatasinya dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan strategi SQ3R. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, teknik tes dan catatan lapangan. Analisis data kualitatif dan kuantatif dilakukan terhadap data aktivitas guru dan hasil tes belajar siswa, sedangkan catatan lapangan hanya sebagai data pendukung untuk merekam kejadian-kejadian selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya ketercapaian aktivitas guru dari siklus I sebesar 77,3 menjadi 95,2 pada siklus II. Sedangkan keterlaksanaan aktivitas guru meningkat dari 95,8% menjadi 100%. Hasil tes belajar siswa pada siklus II juga menunjukkan peningkatan dari 63,6% menjadi 95,6%.

Kata kunci: strategi SQ3R dan keterampilan membaca intensif.

Absract: Research in intensive efforts to improve reading skills in grade IV State Elementary School Sekargadung II Pungging Mojokerto motivated by the lack of students skills in reading intensive. This is due to teachers not implementing learning strategies that can motivate and help students in finding the main sentence through intensive reading in the classroom. This study aimed to describe the implementation of teacher activities, describes the learning outcomes of students in intensive reading, and describes the obstacles and how to overcome them in learning to read intensive with SQ3R strategy. This study used classroom action research design was conducted in two cycles and each cycle has three steps namely planning, implementation and observation, and reflection. Data was collected by observation techniques, engineering tests and field notes. Qualitative and quantitative data analysis conducted on teachers' activity data and test results of student learning, while field notes only as supporting data to record events during the learning process. Results of this study indicate achievement of teacher activity first cycle of 77.3 to 95.2 in the second cycle. While the enforceability of teacher activity increased from 95.8% to 100%. Consistent with this, the students test results in the second cycle also showed an increase from 63.6% to 95.6%.

Keywords: SQ3R strategy and skill intensive reading.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 439