PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • NUR AZIZAH OKTAFIANA JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif pada pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, dan kendala-kendala yang muncul selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga tahap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa secara rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal mengalami perbaikan serta kendala- kendala yang dihadapi dapat teratasi

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, NHT, hasil belajar IPS

Abstract: The application of uninnovatif learning caused poor student’s learning result. So, the research have a purpose to describe application cooperative learning tiped NHT, learning result of social studies, the obstacles that arise in learning process and the way to solve. This research uses a Classroom Action Research design (CAR), which is done in two cycles, and each cycle consists of three stages. The data gathered with observation, test, and field script. The data which had been collected were analyzed using descriptive quantitative and qualitative analysis techniques.The result of the research showed that the learning proses cauld carried out well. The student learning result as classical average and classical completeness got better and the constraints encountered could fixed well.

Keywords: cooperative learning, NHT, learning resultor social studies

Published
2013-07-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 30