PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • PANGESTI RAHAYU JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada menulis deskripsi yang dilakukan di Kelas IV berjalan kurang optimal. Dari hasil pembelajaran menulis deskripsi yang diberikan oleh guru kelas menunjukkan sebanyak 60% dari 33 siswa belum memenuhi KKM. Permasalahan tersebut disebabkan oleh dalam penyampaian materi tidak menggunakan media. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media kartu kuartet. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada Siklus I aktivitas guru memperoleh persentase 100% dengan skor ketercapaian pada pertemuan ke-1 sebesar 77,8 dan 79,2 pada pertemuan ke-2. Sedangkan pada Siklus II keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh persentase 100% dengan skor ketercapaian pertemuan ke-1 sebesar 91,7 dan 95,8 pada pertemuan ke-2. Untuk hasil belajar menulis deskripsi juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69,97 dengan ketuntasan klasikal 69,7% dan Siklus II sebesar 81,2 dengan ketuntasan klasikal 84,8%. Kendala yang muncul dalam pembelajaran pada Siklus I di antaranya: suara guru kurang keras, guru kurang menguasai kelas, siswa berebut kartu kuartet, dan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru kurang jelas. Sedangkan pada Siklus II sudah tidak ditemukan kendala yang berarti. Untuk itu, media kartu kuartet cocok digunakan dalam menulis deskripsi, karena terbukti dapat meningkatkan pembelajaran.

Kata kunci: kartu kuartet, media, menulis deskripsi.

Abstract: Based on the observation and the interview in learning Bahasa Indonesia, especially at writing description in fourth grade runs less than optimal. From the results of learning to write description given by the teacher showed that 60% of the 33 students didn’t reached the minimum completeness criteria. The problem caused by the delivered of material didn’t use the media. Therefore, the reseacrher conducted action research to increase the teaching of writing description by using quartet cards media. The procedure for implementing the research was conducted in two cycles which include three phases: planning, action and observtion, and reflection. The research data reached from observation, test achievement, and field notes. The result of the research showed that the implementation of learning has increased. In the first cycle, the activity of the teacher get 100% with the score 77,8 in part 1 and 79,2 in part 2. While in Cycle II, the activity of the teacher get 100% with the score 91,7 in part 1 and 95,8 in part 2. For the result of writing decription test also increased, which is in Cycle I, an average was 69,97 with classical completeness was 69,7% and in the Cycle II the result test was 81,2 with classical completeness was 84,8%. The problems that arise in learning at Cycle I are: the teacher’s voice less loud, less the teacher control of classroom, the students scramble quartet cards, and the explanation of the material presented by the teadher was less clear. While in the Cycle II was not found significant obstacles.Therefore, quartet cards media is suitable in writing description because it proved that can increase the learning.

Keywords: quartet cards, media, writing description


 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 98