PENGGUNAAN MEDIA FOTO KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • PURNAMA INDRAYANTI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis cerita. Masalah yang dialami siswa yaitu belum mampu memunculkan ide, belum mampu mengembangkan kerangka cerita, keefektifan penggunaan media, serta kurangnya pemberian contoh aktivitas menulis cerita dari guru. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti malakukan penelitian dengan menggunakan media foto keluarga untuk meningkatkan keteampilan menulis cerita. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui hasil belajar menulis cerita dengan menggunakan media foto keluarga. Metode penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media foto keluarga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian materi menulis cerita dapat diajarkan dengan menggunakan media foto keluarga.

Kata kunci: media foto keluarga, menulis cerita, unsur- unsur cerita

 

Abstract: Based on the observations there was a problem that found in Indonesian Language learning at story writing lesson. The problems are: the student can not to appear the idea, can not to develop the skeleton of story yet, effectivity of using media, also less of giving some examples of story writing activity from the teacher. In connection with the problem, the researcher doing a research using family photo media to increase writing skill of story. The purpose of this research to know the student’s result study of writing story using family photo media. The methodeof this research uses a Classroom Action Research (CAR) design. The collecting data techniques that used in this research was test. The data collected were analyzed using descriptive qualitative and quantitative analysis techniques. The result of this research showed that using family photo media can to improve the students’s learning result. Thus, the story writing subject can be taught using family photo media.

Keywords: family photo media, story writing, the elements of story

Published
2013-07-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 15