PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • PUSPITA HERAWATI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa SDN Babatan I/ 456 Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar selama pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan selama tiga siklus dengan masing-masing  prosentase ketuntasan..  Model pembelajaran Numbered heads together layak untuk diterapkan oleh guru.

 

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran kooperatif  Tipe NHT, Hasil Belajar

 

Abstract: This study aimed to describe the increase in the activities of the teacher, student activities, and student learning outcomes with the implementation of cooperative learning model NHT. Researcher used Classroom Action Research (CAR)  methods. The subjects And the location of  research was students of  SDN Babatan I/ 456 Surabaya, amounting to 28  students. The instrument used in this research consisted of  sheet of observation teachers activities, sheets of observation of student activities, and sheets of achievement test .Technical data analysis used descriptive quantitative The results showed that the activity of teachers, students, and achievement for learning has increased significantly during  three cycles with their respective percentage of completeness. Cooperative model learning type Numbered heads together  is worthy to be applied by the teacher.

Keywords: Social Studies,  Cooperative Learning Type NHT, Result of Learning.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 21