PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • REZA SYEHMA BAHTIAR JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru tanpa menggunakan media pembelajaran, hanya menggunakan metode ceramah yang berpusat pada kegiatan guru, penyajian materi secara verbal, serta tidak diberi kegiatan untuk beraktivitas secara kelompok dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran tema lingkungan dengan penggunaan media visual dan mengkaji hasil siswa sebelum dan setelah menggunakan media visual. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui empat tahap secara daur ulang, yaitu perencanaan tindakan kelas, pelaksanaan pembelajaran tindakan kelas, pengamatan/observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 76,65% pada siklus I dan 92,19% pada siklus II. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 76,79% pada siklus I dan 91,07% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase 70% pada siklus I dan 93,33% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan hasil belajar pada tema lingkungan siswa kelas II Sekolah Dasar.

Kata Kunci : Media visual, Hasil Belajar, Tema Lingkungan.

 

Abstract: The backgorund of this research was learning that carried out by teacher without applying learning media, only by applying lecture method that centered on teacher activity, verballymatter presentation, and there is no collective activity and dsicussion. The aim of this research is to find out teacher and student activityduring learning process on environment theme by applying visual media and analyze student result before and after applying visual media, research applying class action research method that consisted of four stages cycle, namely class action planning, the implementation of class action learning, observation and reflection. Instruments that applied in this research are teacher activity observation sheet, student activity observation sheet, and test paper. Data collection technique in this research using observation technique and test. While data analysis technique applying descriptive and qualitative method. Research result show that teacher activity experience improvement during two cycles with completeness percentage as big as 76.65% on first cycle and 92.19% on second cycle. Student activity also experience improvement during two cycles with completeness percentage as big as 76.79% on first cycle and 91.07% on second cycle. Student learning result also experience improvement during two cycles with percentage as big as 70% on first cycle and 93.33% on second cycle. Thus it can be said that visual media able to improving learning result on environment theme at second grade of elementary school.

Keywords : visual media, learning result, environment theme


Published
2013-07-01
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 198