PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS SISWA SEKOLAH DASAR

  • RIMA KHASNIA LUSTANTI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Deru Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar serta menyelesaikan kendala dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan instrument observasi guru dan siswa, tes hasil belajar, serta wawancara.Dari penelitian penerapan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar ini dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, sumber belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Abstrak: This research was conducted in the fourth grade of Deru's Elementary School in Sumberrejo Bojonegoro. With 18 students which consists of 7 boys and 11 girls. This research by using qualitative descriptive method. The purpose of this study is to increase the activity of the teacher, student activities, learning outcomes and complete the obstacles in the learning process. By using instrumental observations of teachers and students, achievement test, and the application of research wawancara. From this study it can be concluded that by the use of the environment as a learning resource it could enhance the activity of teachers, activity student and learning result.

Keywords: Using the Environment Around, learning resources, learning result, Learning Social Studies.


Published
2013-07-01
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 33