MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • RIZKA FAIDATUN NI'MAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pengambilan keputusan siswa melalui penerapan model pembelajaran langsung, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran langsung secara klasikal kemampuan pengambilan keputusan siswa meningkat, pada siklus I sebesar 61,54% dan siklus II sebesar 80,77%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, pada siklus I sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 88,75%. Sedangkan peningkatan yang terjadi pada aktivitas siswa, pada siklus I  sebesar 78,75%, dan pada siklus II sebesar 93,75%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan pengambilan keputusan dapat diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran langsung.

 

Kata kunci: model pembelajaran langsung, keterampilan pengambilan keputusan

Abstract : The purpose of this study to determine the students' decision making capabilities through the application of direct instructional model, teacher activity and student activity. This study uses the design of classroom action research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used were observation and tests. Collected data were analyzed by using descriptive qualitative and quantitative analysis. The results show with applying the classical model of direct instruction increased student decision-making skills, in the first cycle of 61.54% and 80.77% for the second cycle. In addition, the results of the study also showed an increase in activity of the teacher, in the first cycle by 85% and the second cycle was 88.75%. While the increase that occurred in student activities, the first cycle of 78.75%, and the second cycle was 93.75%. It can be concluded that the decision-making skills can be taught to apply the direct instructional model.

Keywords: direct instruction, decision making skills


Published
2013-07-01
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 28