TEKNIK ARSIR DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS HASIL KARYA MENGGAMBAR BENTUK DI SEKOLAH DASAR

  • ROHMATUN NI'MAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas hasil karya siswa kelas V SDN Kendal Sewu Tarik Sidoarjo dalam menerapkan model pembelajaraan langsung dan penggunaan teknik arsir. Data penelitian ini terdiri dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kreativitas hasil karya siswa diperoleh melalui observasi dan dianalisis dalam bentuk presentase. Dari data yang diperoleh, setelah diolah dan dianalisis maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dan siklus II selalu mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang selalu meningkat dari setiap siklus, yaitu siklus I dengan presentase 84,6% dan siklus II dengan presentase 98,1%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 83,3% pada siklus I menjadi 94,4% pada siklus II. Nilai kreativitas hasil karya siswa mengalami peningkatan yaitu dari 78,4% pada siklus I menjadi 97,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas hasil karya siswa dalam kegiatan menggambar.

Kata Kunci: Teknik Arsir, Model Pembelajaran Langsung, Kreativitas, Menggambar Bentuk.

 

Abstract: The purpose of this research is to find out the creativity of the work of fifth grade students of SDN Kendal Sewu Tarik Sidoarjo in applying direct instructional model and the use of shading techniques. The research data consisted of teacher activity, student activity, student work and creativity gained through observation and analyzed in terms of percentage. From the data obtained, when processed and analyzed, it can be concluded that the activity of teachers in the first cycle and second cycle always increase. It can be seen from the observation that always increases of each cycle, the first cycle with a percentage of 84,6% and a second cycle with a percentage of 98,1%. Student activity increased from 83,3,2% in the first cycle to 94,4% in the second cycle. Creativity of the student's work values ​​increased by 78,4% in the first cycle to 97,3% in the second cycle. Based on these results, it is advisable for primary teachers to implement the direct instructional model to enhance the creativity of students' work in drawing.

Keywords: Drawing Shapes, Models Direct Learning, Creativity, Shading Techniques.


 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 76