PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

  • SOFIATUN NISA DWI ISTI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran IPA dengan model inkuiri, mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa serta respon siswa setelah pembelajaran IPA dengan model inkuiri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket.Teknik tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar ranah kognitif.Teknik observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, hasil belajar ranah afektif dan psikomotor.Sedangkan teknik angket untuk mengetahui respon positif siswa terhadap pembelajaran IPA dengan model inkuiri. Kemampuan berpikir kreatif siswa secara klasikal pada Siklus I sebesar 62,16% dan 89,18% pada Siklus II. Hasil kognitif siswa pada Siklus I sebesar 64,86 dan 86,48% pada Siklus II. Hasil afektif/sikap kreatif siswa pada Siklus I sebesar 71,33%, dan 85% pada Siklus II. Hasil psikomotor siswa pada siklus I sebesar 66,45% dan 82,59% pada Siklus II. Aktivitas guru pada Siklus I sebesar 70,45% dan 90,9% pada Siklus II. Aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 71,87%, dan 91,66% pada Siklus II. Respon positif siswa pada Siklus I sebesar 81,89%, dan 83,24% pada siklus II.  Dalam penelitian tentang penggunaan model inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, terdapat 4 saran yang diberikan, yaitu; a) guru disarankan untuk menggunakan model inkuiri karena melalui inkuiri dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, b) dalam pembelajaran inkuiri guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing serta melibatkan siswa secara maksimal, c) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan model inkuiri, guru harus menyesuaikan dengan materi yang disampaikan, d) pada pembelajaran inkuiri guru bukanlah satu – satunya sumber informasi, sumber informasi diharapkan berasal dari buku – buku lain yang lebih bervariasi.

Kata kunci: Pembelajaran IPA, model inkuiri, kemampuan berpikir kreatif

 

 

Abstract:This research was conducted to describe the teacher and students’ activity in learning Science using Inquiry Model. Other than that, the study also describes the improvement, results, and responds of the students after the Inquiry Model was applied in learning Science. This research uses a classroom action research. To collect the data, this research using tests, observation and questionnaires. Test techniques used to know the improvement creative  thinking and cognitive of the students. Observation techniques used to know teacher activity, students activity, affective and psychomotor of the students. Questionnaires used to know the positive responds of the students after the inquiry model was applied in learning science. The result of classical creative thinking of student in Cycle I reached 62,16% and 89,18% in Cycle II. The result of the students cognitive in Cycle I reached 64,86% and 86,48% in Cycle II. The result of affective/creative approach of the students in Cycle I reached 71,33% and 85% in Cycle II. The result of the students psychomotor in Cycle I reached 66,45% and 82,59% in Cycle II. Teacher activity in Cycle I reached 70,45% and 90,9 % in Cycle II. Student activity in Cycle I reached 71,87% and 91,66 % in Cycle II. Positive respons of students  in Cycle I reached 81,89% and 83,24% in Cycle II. Through this research, there are four suggestions that the writer considers essential for the improvement of the students creative thinking by using Inquiry Model; a) it is suggested that teachers can use Inquiry Model for learning activity as it can give more significant comprehension for the students, b) it would be essential for the teacher to act as a facilitator and help the students with maximum efforts by using Inquiry Model, c) it is suggested for the teacher to give the best materials that are considered to fit the students in order to improve the students creative thinking, d) it is essential to know that in Inquiry Model, information could not only be given by teachers, but also taken from the other source such as books.

Keywords: learning science,inquiry model, creative thinking

 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 222