PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DI SEKOLAH DASAR

  • SRI WAHYUNI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah siswa, dan respon siswa pada praktek pembelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes keterampilan pemecahan masalah serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan rata-rata nilai yang diperoleh di siklus I sebesar 70%, siklus II sebesar 77%, dan siklus III sebesar 85%. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah ini didukung oleh peningkatan aktivitas guru mulai dari siklus I hingga siklus III yakni 73.2%, 84.5%, 89%, serta pada aktivitas siswa yaitu 72.5%, 78.75%, dan 85%. Siswa juga menunjukkan respon baik dalam penerapan model pembelajaran SAVI. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan pemecahan masalah  siswa.

Kata kunci: SAVI, keterampilan pemecahan masalah, IPS.

Abstract: The purpose of this research were to describe increase of  teacher activities, student learning activities, student’s problem solving skills, and increase the response of  students to the process of learning sosial studies by applying the model of SAVI learning.This research uses a Class Action Research that was conducted in three cycles. The instrument for collected data in this research are activities of teacher and student’s sheet, problem solving skills test of students, and questionnaire student response’s sheet to the implementation of SAVI model. The results showed that by applying the SAVI model can enhance student’s problem solving skills with the average values obtained in the first cycle of 70% , second cycle 77%, and third cycle 85%. The improvement of problem solving skills is supported by increased activity of the teacher from first cycle to third cycle, that are 73.2%, 84.5%, 89%, and in the student activity 72.5%, 78.75%, and 85%. Students also felt pleased with the implementation of SAVI model. Based on these results, teachers should apply the SAVI model in teaching social studies to enhance the activity and problem solving skills of students.

Keywords: SAVI,  problem solving skills, social studies.


Published
2013-07-01
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 16