PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I TENTANG OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DENGAN MEDIA GAMBAR TEMPEL SEKOLAH DASAR

  • SUHENI - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abatrak: Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran matematika kelas I SDN Tembok Dukuh III-85 Surabaya pada materi operasi hitung penjumlahan diperoleh informasi sebagai berikut : 1) 24 siswa dari 39 orang atau 55% mendapat nilai diatas KKM, 2) 15 siswa dari 39 orang atau 45% mendapat nilai di bawah KKM. Adapun KKM bidang studi matematika yang ditetapkan oleh sekolah sebesar 70. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi operasi hitung penjumlahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah penelitian awal dan pelaksanaan tindakan. Pada pelaksanaan tindakan terhadap 4 tahapan yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Metode penelitian tindakan kelas ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.  Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 66,7% dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 87,5%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 71,4% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 89,4%. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I mencapai 64% dan siklus II mencapai 87%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar tempel dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada kelas I SDN Tembok Dukuh III-85 Surabaya.

 

Kata kunci : Operasi hitung campuran, media gambar tempel, hasil belajar

 

Abstract: Based on initial observations towards learning mathematics class I SDN Wall Surabaya Hamlet III-85 arithmetic operations on material obtained by summing the following information: 1) 24 students from 39 people or 55% scored above KKM, 2) 15 students from 39 people or 45 % scored below the KKM. The KKM mathematics set by the school at 70. The purpose of the research of this class action is to describe the activities of teachers, student activities and student mathematics learning outcomes especially in arithmetic operations of addition material. This research is a class act. The procedure of this research is the beginning and the implementation of the action. In the implementation of the action against the four steps that must be done: (1) action planning, (2) the implementation of the action, (3) monitoring and evaluation, (4) analysis and reflection. Action research method is descriptive quantitative and qualitative descriptive. In the learning activities of teachers increased activity of cycle I and cycle II. In the first cycle of teacher activity reached 66.7% and in the second cycle of teacher activity reached 87.5%. While the activities of students in the first cycle reaches 71.4% and the second cycle of student activity reached 89.4%. Classical completeness students in the first cycle was 64% and the second cycle reaches 87%. From these results it can be concluded that the use of media stickers can enhance teacher activity, student activity and student learning outcomes in class I in SDN Tembok Dukuh III-85 Surabaya

 

Keywords: Operations count mixed media stickers, learning outcomes

Published
2013-07-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 22