PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TEMA KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN KEDUNG BARUK I SURABAYA

  • SUMARNI - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Metode Sosiodrama (role playing) merupakan metode pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam sebuah drama atau sandiwara. Para siswa diajar untuk menjiwai dan memerankan peran masing masing yang telah ditentukan. Pokok persoalan sandiwara biasanya adalah masalah sosial, yaitu kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penerapan metode sosiodrama diharapkan siswa mendapat pemahaman yang lebih baik tentang tema pelajaran yang sedang diberikan. Metode Sosiodrama yang diterapkan dalam penelitian ini berkenaan dengan model pembelajaran tematik tentang keluarga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai belajar siswa terkait pembelajaran tematik tentang keluarga. Dari 30 siswa kelas II, hanya 10 siswa yang dapat mencapai angka (nilai) ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 61. Sehingga ketuntasan klasikal tidak dapat tercapai. Rasa tanggung jawab dan jiwa profesionalitas sebagai guru memotivasi untuk menerapkan metode pembelajaran yang tepat , sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Peneliti memilih Metode Sosiodrama sebagai solusi dari masalah rendahnya hasil belajar siswa   Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research). Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahapan , yaitu (1) Perencanaan tindakan , (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan dan evaluasi, (4) Analisis dan refleksi. Subjek dan lokasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kedung Baruk I Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes tulis. Observasi yang dilakukan berkaitan dengan aktivitas guru dan siswa ketika penerapan metode sosiodrama dilaksanakan. Tes tulis dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa tentang pembelajaran tematik tema keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama peran pada pembelajaran tematik tentang keluarga memperoleh hasil yang maksimal. Dari dua siklus yang dilaksanakan masing-masing mengalami peningkatan. Aktifitas guru pada siklus I mecapai 74% dan pada siklus II aktifitas guru mencapai 93%, jadi terdapat peningkatan sebesar 19% . Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 73% pada siklus II aktifitas siswa mencapai 90% , jadi terdapat peningkatan sebesar 17%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus 2 mencapai 87%. Terdapat peningkatan sebesar 17%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama pada pembelajaran tematik tentang keluarga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Kedung Baruk I Surabaya.

Kata Kunci: metode sosiodrama, hasil belajar

 

Abstract: The Role-Playing Method is a method of learning which involves the students in the drama. The students are learned to play their roles like on the drama. The mean subject of the drama is social issues which presents at dayly living. The role playing method helps the students to understand a subject that the teachers give in the class. In this research, the role playing method used on the thematic subject about family. The students always faced some troubles to understand the subject. The result they got  aren’t good, with the mean 61. The classical target presentation, which is ≥ 80 % were not reached. So the teacher and students activities also are under goals indicator. The research that we did was action research. It had four steps : (1) action planningBased (2) action execution, (3) observation and evaluation , (4) analysis and reflection. The subject of research were the student of class II SDN Kedung Baruk I Surabaya, with 30 students. This research located at SDN Kedung Baruk I Surabaya. Technique of data collecting that we did was observation and evaluation test. We observed teacher and students activities in the class. And also we evaluated the students by some test, for knowing the ability of students. The result of action research told that the teacher and student activities have increased from the cycle I to cycle II. At the cycle one the teacher activities reached 74%. And then at the cycle II reached 93% there were increasing 19%. In another side, the student activities also got many progress from 73% at the cycle 1 to 90% at the cycle II. There were increasing 17%. Further this research could increase the result of study of the student. According to the test result , at the cycle I got classical target presentation 70%  increased to 87% at the cycle II. There were increasing 17%. Based on the result of the action research we got a conclution that the role playing method could help the students to understand family more easily. The role playing method could increase the teacher and students activities and result of study in class II SDN Kdeung Baruk I Surabaya. We got this conclution from some goal indictors : (1) the teacher activities reached ≥ 80% , (2) The mean of  result of study reached ≥ 70% , with classical target  presentation reached ≥ 80% , (3) the problems of  learning could be solved well.

Keywords: The role playing method, result of study.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 13