MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • TUTIK RAHAYU JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat melalui media kartu bergambar pada siswa kelas IV SDN Wonokusumo I/40 Surabaya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bilangan bulat. Berdasarkan hasil  penelitian, dapat disimpulkan bahwa selama pembelajaran berlangsung  aktivitas guru meningkat pada siklus kedua sebesar 12, yaitu dari nilai 35 pada siklus pertama menjadi 47 pada siklus kedua. Aktivitas siswa secara klasikal dapat dikatakan bahwa siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran Matematika khususnya tentang penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media kartu bergambar ini dikarenakan aktivitas siswa dalam  pembelajaran memiliki prosentase 97,9% pada siklus kedua dibanding dengan prosentase aktivitas siswa pada siklus pertama yaitu 68,8%. Ini berarti terdapat peningkatan di banding dengan siklus pertama, yaitu sebesar 29,1%. Disamping itu kemampuan siswa juga meningkat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar klasikal sebesar 20%, dari 70%  pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua. Dapat dikatakan bahwa pada siklus kedua, target ketuntasan kelas 85% tercapai. Selain penggunaan media kartu bergambar pada pembelajaran Matematika khususnya tentang penjumlahan bilangan bulat dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, serta dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya

Kata Kunci : Penjumlahan Bilangan Bulat dan Media Kartu Bergambar.

 

 

Abstract: The purpose of this research is to increase the activity of teachers and students in learning sum of integers through flash card to grade IV students of SDN Wonokusumo I/40 Surabaya. In addition, this research also aims to improve student learning result in learning integers. Based on these results, we can conclude that during the learning teacher activities increased at the second cycle by 12, the value of 35 in the first cycle to become 47 in the second cycle. Activity in the classical student can be said that the students are very active in following the teaching of Mathematics in particular about the sum of integers using flash card is because learning activities of students has a percentage 97.9% in the second cycle compared in the first cycle is 68.8%. This means there is an increased than the first cycle, it is 29.1%. Besides, the ability of the students also increased significantly. This is evidenced by the increasing mastery learning classical by 20%, from 70% in the first cycle to become 90% in the second cycle. It can be said that in the second cycle, 85% of targets achieved. Besides student response was very positive for use flash card especially the sum of integer can be help students understanding, and also can motivate students to learn in order to increase result learning.

Keywoard : Sum of integers and flash car

Published
2013-07-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 19