PENERAPAN STRATEGI DRTA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • WAHYU ADI PERDANA JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) bertujuan meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Proses belajar yang efektif antara lain dilakukan melalui membaca. Faktor penyebabnya adalah di samping minat baca yang rendah, pembelajaran membaca yang dilaksanakan guru di kelas masih jauh dari kata menyenangkan atau cenderung masih monoton. Siswa sekadar membaca tanpa diikuti pemahaman secara menyeluruh terhadap isi bacaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi DRTA. Penerapan strategi ini akan lebih efektif dan cocok, karena strategi ini akan dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Kendala-kendala yang dihadapi guru antara lain kurangnya pemanfaatan alokasi waktu serta penyampaian materi yang terlalu cepat dan kurang jelas. Berdasarkan kendala tersebut, maka peneliti berusaha mengatasi kendala yang dihadapi pada siklus berikutnya.Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV B SDN Kebraon II/437 Surabaya. Hal ini terbukti dengan meningkatnya ketercapaian aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa di setiap siklusnya.

 

Kata kunci : strategi DRTA, keterampilan membaca intensif

Abstract:Indonesian learning at elementary school aim to improve student communication ability effectively, both written or orally. Effective learning process among other is performed by reading. The causing factor is, beside the reading interest that still low, reading learning that performed teacher at class still far from fun term and tend to monotone. Student only read without followed comprehension holistically to the reading content. To solve those problems, it performed a research by applying DRTA strategy. The application of this strategy will be more effective and appropriately, since this strategy able to improve student intensive reading skill well.The design of this research is class action research (PTK) that performed on two cycles.  Data that have collected will be analyzed by qualitative and quantitative data. Problems that faced by teacher are the lack of time allocation utilization and matter delivery that too fast and unclear. Based on those problems, so researcher try to solve problems that faced on the next cycle. Based on the explanation above, so it can be concluding that the application of DRTA strategy is able to improve student intensive reading skill on student Class VC of SDN Kebraon II/437 Surabaya. It proved by the improvement of teacher activities achievement during learning process and student learning result on every cycle.

 

Keywords: DRTA strategy, intensive reading skill.


Published
2013-07-01
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 61