PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • YAASHINTA ISMILASARI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah banyak di antara siswa yang mengalami kesulitan dalam menuangkan pikiran untuk menulis karangan narasi. Kesulitan yang dihadapi siswa seperti kesulitan menggunakan pilihan kata, menentukan tema, mengembangkan kerangka. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media diorama untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menulis karangan narasi dengan menggunakan media diorama. Metode penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian materi menulis karangan narasi dapat diajarkan dengan menggunakan media diorama.

Kata kunci: media diorama, menulis karangan narasi

 

Abstract: One of the problems in Indonesian language learning was a lot of students had difficulty in expressing their thought to write naration article. The difficulty which is faced by students like as the students has difficulty using the choice of words, to decide a theme, to develop a skeleton. From that problem, researcher conducted a study using the diorama media to improve the skills of writing naration article. The purpose of this research to know the student’s result study of writing naration article using diorama media.  This research uses a Classroom Action Research (CAR) design. The collecting data techniques that used in this research is observation, test, and field note. The data which had been collected were analyzed using descriptive qualitative and quantitative analysis techniques. The result of this research showed that using diorama media can to improve the students’s learning result. Thus, the naration article writing subject can be taught using diorama media.

Keywords: diorama media, naration article writing

 


Published
2013-07-01
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 692