PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • YENI PRASTIWI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak:Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat, selain itu IPS merupakan program pendidikan yang tidak hanya menyajikan tentang konsep-konsep pengetahuan semata, namun harus mampu membina peserta didik menjadi warga Negara dan warga masyarakat yang tahu akan hak dan kewajibannya. Latar belakang adanya penelitian ini yaitu karena rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu, perlu adanya solusi untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Karena model ini menuntut adanya kerjasama dalam kelompok dan setiap individu berusaha berfikir untuk menentukkan keberhasilan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Warujayeng I Tanjunganom Nganjuk dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dang angket.Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dengan pesentase siklus I 73,61%, siklus II 77,78%, dan siklus III 87,50%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan persentase siklus I 68,75%,  siklus II 78,75%, dan siklus III 85%. Dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan persentase pada temuan awal 68%, siklus I 74%, siklus II 77%, dan siklus III 87%.  Dengan demikian pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaram koopeartif tipe Numbered Heads Together pada kelas V SDN Warujayeng I Tanjunganom Nganjuk dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, hasil belajar, pembelajaran IPS.

 

Abstract: Social science is a subject that was studying human on all aspect of live and its interaction on the society, beside social science is a education program which not only presenting about knowledge concept solely, but must able to develop learner to become citizen and society member who know for their right and obligation’s. The background of this reserach was the low of student learning result on social studies learning. Therefore, it will need a solution to solve this problem by applying cooperative learning model type NHT (numbered head together). Since this model demand cooperation and every individual try to think to determine group success. This research applying class action research that consisted of three cycles. In this research, who become the research subject is teacher and student of SDN Warujayeng I Tanjunganom Nganjuk with the amount of student as big as 31 students. Data collecting technique using observation method, test, and questioner. This research showed that teacher activity experience improvement with the percentage on first cycle is 73.16%, the second cycle is 77.78%, and the third cycle is 87.50%. Student activity during learning process with percentage on first cycle is 68.75%, the second cycle is 78.75%, and the third cycle is 85%. And student’s learning result during learning process with percentage on early finding 68%, first cycle 74%, second cycle 77%, and third cycle 87%. Thus, social science learning by applying cooperative learning model type NHT (numbered head together) on fifth grade of SDN Warujayeng I Tanjunganom Nganjuk able to improve teacher activity, student activity and learning result on Indonesian struggle against colonial matter.

Keywords : cooperative learning model type Numbered Head Together, learning result, social studies.


Published
2013-07-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 562