PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • YUSTIANA SUTRISNAWATI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran SBK masih berorientasi pada teori dan pengetahuan saja, untuk pembelajaran seni musik dan seni tari sangatlah kurang, bahkan hanya sebagai selingan saja. Terlihat dari kegiatan belajar mengajar pada saat pembelajaran musik, guru hanya menjelaskan kemudian siswa mendengarkan dan tidak ada kegiatan umpan balik maupun tidak lanjut. Pembelajaran yang monoton tanpa diselingi adanya sarana pendukung pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga membuat siswa bosan dengan pembelajaran yang disajikan oleh guru.  Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, meningkatkan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional. Metode pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi digunakan untuk mengobservasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan tes yang dilakukan berupa tes tulis bertujuan untuk mengecek pengetahuan musik siswa tentang lagu wajib nasional dan tes unjuk kerja bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional.Hasil pelaksanaan observasi guru dan siswa meningkat sebesar 21,42 % pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional meningkat 30,5 % pada siklus II dan ketuntasan unjuk kerja menyanyikan lagu wajib nasional meningkat 18,83% pada siklus II.

Kata Kunci : Audio visual, VCD, Kemampuan Menyanyi, Lagu Wajib Nasional

 

Abstract

The SBK learning process is still oriented course on the theory and skills, to learning the art of music and dance is very less, even just as a distraction only. Seen from the teaching and learning activities during music lessons, teachers explain later students listen to and there is no feedback and no further. Lessons are interspersed with monotonous without any means of support during  the learning takes place, so as to make the students bored with the lesson presented by the teacher. Objectives to be achieved by the researchers is the increasing activity of teachers and students during the learning activity takes place, increasing the use of audio-visual media to enhance the ability to singthe national anthem and describes the obstacles encountered during the learning process takes place. Type of research is Classroom Action Research (CAR) descriptive qualitative. This study aims to improve the performance of teachers and students which in turn can improve students' skills in singing the national anthem. Data collection methods used by the researchers is the observation used to observe the activities of teachers and students during the learning process takes place and the tests were conducted in the form of a written test aims to check the students 'knowledge of music and the national anthem performance testing aims to improve the ability to sing the national anthem. The results of the implementation of the observations of teachers and students increased by21.42% in the second cycle. Mastery learning out comes of students in singing the national anthem rose 30.5% in the second cycle and performance mastery to sing the national anthem rose 18.83% in the second cycle.

Keywords: Audio Visual, VCD, Singing Ability, National Anthem Songs

 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 236