PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MEDIA KLIPING KORAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR.

  • YUSTRIANA - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak:  Latar belakang penelitian ini adalah pada saat observasi yaitu pembelajaran yang  tidak memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri melalui proses berpikirnya, sehingga siswa menjadi pasif. Selain itu, sumber belajar yang digunakan oleh guru kurang tepat karena materinya kurang sesuai dengan Standar Kompetensi sehingga siswa sulit memahami materi  yang disampaikan guru. Maka dari itu, peneliti ingin meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui media kliping koran dengan tujuan untuk memberikan akses bagi siswa berkembang secara mandiri melalui proses berpikirnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dilakukan melalui tiga siklus yang setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta indikator keterampilan berpikir kritis dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dengan cara mencari nilai persentase keberhasil dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase  ketuntasan 77,5 %  pada siklus I. 87 % pada siklus II. 91,25 pada siklus III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 63,75 % pada siklus I. 82,5 % pada siklus II. 90 % pada siklus III. Tes keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 63,5 % pada siklus I. 77,5 % pada siklus II dan 85,2 % pada siklus III. Respon siswa menunjukkan siswa merasa senang karena klipingnya menarik dan mudah dipahami. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kliping koran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Sekolah Dasar.

Kata kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial, media kliping koran, keterampilan berpikir kritis.

Abstract: The background of this research is the observation that when learning that does not provide access for students to develop independently through the process of thinking, so that students become passive. In addition, the learning resource used by teachers is not appropriate because the material is not in accordance with the Competency Standards so that students understand the material presented difficult teacher. Therefore, researchers wanted to improve students' critical thinking skills through the medium of a newspaper clipping with the aim to provide access for students evolves independently through his thinking process. This study uses classroom action research. Carried through three cycles each load cycle of planning, implementation, observation, and reflection. The instrument used in this study is the observation sheet activities of teachers and students as well as indicators of critical thinking skills and critical thinking skills test sheet. In this case the researchers used a descriptive statistical analysis by finding the values ​​and percentage of success on average. The results showed that the activity of the teacher during learning have increased for three cycles with a percentage of 77.5% completeness in cycle I. 87% in the second cycle. 91.25 on the third cycle. Student activity increased during the three cycles with the percentage of completeness 63.75% in cycle I. 82.5% in the second cycle. 90% in the third cycle. Test critical thinking skills have increased for three cycles with a percentage of 63.5% completeness in cycle I. 77.5% in the second cycle and 85.2% in the third cycle. Student responses indicate students feel happy because scrapbook interesting and easy to understand. The conclusion of this research is to improve the media clippings critical thinking skills in elementary school social studies learning.
Keywords: Social Sciences, media clippings, critical thinking skills.

Keywords: Social Studies,Cclippings Media,Ccritical Thinking Skills.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 151