PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI WERU I LAMONGAN

  • ZULI HARUMNI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Salah satunya adalah menulis pantun. Pembelajaran menulis pantun menuntut kreativitas dari peserta didik. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari pantun sebagai alat pemeliharaan bahasa, menjaga fungsi kata, dan kemampuan dalam menjaga alur pikir. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi antara penulis dan guru kelas IV menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Weru I Lamongan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Mengajar, karena mereka masih kesulitan dalam menulis pantun sesuai dengan ciri-ciri pantun. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa, hasil belajar siswa menulis pantun, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya.  Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukandua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga  tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Weru I Lamongan dan lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri Weru I Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi terhadap aktivitas guru dalam proses pembelajaran, teknik tes terhadap hasil pekerjaan siswa dalam menulis pantun, dan teknik catatan lapangan, sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan, pada siklus I keterlaksanaan sebesar 100% dengan skor ketercapaian sebesar 61,9 dan pada siklus II keterlaksanaan sebesar 100% dengan skor ketercapaian sebesar 92,7. Hasil belajar siswa menulis pantun dengan menggunakan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 57,6% pada siklus I menjadi 90,9% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Weru I Lamongan.

Kata kunci : keterampilan menulis pantun, ciri-ciri pantun, model pembelajaran langsung.

 

Abstract: Learning to write is one of the language skills that must be possessed by elementary school students. One is writing rhymes. Learning to write rhymes demands creativity of learners. Moreover, in everyday life as a maintenance tool for language rhymes, keeping the functionality, and the ability to maintain the flow of thought.

Based on interviews and observations between the author and the fourth grade teachers indicated that student learning outcomes Elementary School fourth grade Weru I Lamongan not meet the completeness criteria Teaching, because they are still difficulties in writing a poem according to the characteristics of rhyme. In connection with these problems, researchers make improvements by applying direct instructional model to improve students' writing skills rhyme. The purpose of this study is to describe the application of direct instructional model to enhance students' skills of writing rhymes, writing rhymes student learning outcomes, as well as the obstacles and how to overcome them.This study was conducted with the design of classroom action research cycle dilakukandua. Each cycle consists of three phases: planning, implementation and observation, and reflection. Subjects in this study were teachers and students of State Elementary School fourth grade Weru I Lamongan and research sites are public elementary school Weru I Lamongan. Data collection techniques used were observation techniques to the activity of the teacher in the learning process, engineering tests of the students' work in writing rhymes, and techniques of field notes, while the technique of data analysis using descriptive data analysis of quantitative and qualitative.

The results showed that the activity of teachers have increased, the feasibility of the first cycle with a 100% achievement score of 61.9 and the second cycle feasibility of 100% with a score of 92.7 achievement. Learning outcomes of students wrote poems using direct instructional model with classical completeness increased 57.6% in the first cycle to 90.9% in the second cycle. It can be concluded that by using a direct instructional model can improve the skills of writing rhymes in class IV Elementary School Weru I Lamongan.

Keywords: writing skills, rhymes, rhymes characteristics, direct instructional model.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 32