PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN KLAMPIS NGASEM IV NO. 560 SURABAYA.

  • ERY Retnaning RETNANING WILUJENG Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penilitian ini dilatarbelakangi oleh (1). guru hanya ceramah, sedangkan  siswa hanya mendengar dan mencatat apa yang dikatakan guru, (2). proses pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi kurang aktif, (3). hasil belajar siswa kelas II yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas II SDN Klampis Ngasem IV No. 560 Surabaya. Upaya yang dilakukan peneliti untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan cara Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Klampis Ngasem IV No. 560 Surabaya”. Dalam kegiatan pembelajaran CTL penulis memadukan mata pelajaran Matematika dengan IPA. Dalam penelitian diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,25% dari 64,29 % pada siklus I naik menjadi 85,71% pada siklus II. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema lingkungan

Kata kunci: Pendekatan CTL, Pembelajaran Tematik, Tema Lingkungan, dan Hasil Belajar Siswa

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 117