UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PITA KERTAS PADA SISWA KELAS V B SDN WONOREJO I – 312 SURABAYA

  • KHOIRUL ANAM Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada pembelajaran matematika siswa kelas VB SDN Wonorejo I-312 Surabaya. Pembelajaran kurang menarik minat belajar siswa dikarenakan banyak didominasi oleh guru, pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) dan tidak berpusat pada siswa (student centered). Peran guru juga kurang optimal dalam terciptanya pembelajaran yang efektif. Guru tidak menyertakan media sebagai alat bantu pembelajaran. Guru cenderung terfokus dengan penerapan metode ceramah. Sehingga siswa kurang aktif dan berakibat pada rendahnya hasil belajar matematika khususnya materi pengurangan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hasil untuk aktivitas guru dari 89% pada siklus I meningkat  menjadi 96% pada siklus II, sedangkan untuk aktifitas siswa dari 78 % pada siklus I meningkat menjadi 96 % pada siklus II, sedangkan untuk hasil belajar siswa, pada ketuntasan klasikal dari 24 siswa sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan persentase 67 % pada siklus I meningkat menjadi  20 siswa yang tuntas dengan persentase 83 % pada siklus II. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pita kertas dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan pecahan pada siswa kelas V B SDN Wonorejo I – 312 surabaya.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pengurangan Pecahan, Media Pita Kertas.

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 31