KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, KECEPATAN REAKSI, DAN KELINCAHAN TERHADAP PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLAVOLI (Studi Pada Atlet Bolavoli Putera Universitas Negeri Surabaya)

  • RISKA Bhakti BHAKTI UTOMO Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK Unesa

Abstract

Permainan bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga permainan besar yang dimainkan oleh dua regu dan masing-masing regu terdiri dari enam orang. passing bawah merupakan salah satu langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan dan melakukan pertahanan atau difense dalam suatu permainan bolavoli. Permasalahan yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :

 

Apakah ada kontribusi kekuatan otot lengan dengan kemampuan passing bawah ?

Apakah ada kontribusi kecepatan reaksi dengan kemampuan passing bawah ?

Apakah ada kontribusi kelincahan dengan kemampuan passing bawah ?

Apakah ada kontribusi kekuatan otot lengan, kecepatan reaksi, dan kelincahan dengan kemampuan passing bawah pada permainan  bolavoli ?

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi atau data secara empirik tentang kontribusi kekuatan otot lengan, kecepatan reaksi, dan kelincahan terhadap passing bawah pada permainan bolavoli. Subyek dalam penelitian ini adalah atlet bolavoli putera Universitas Negeri Surabaya sebanyak 12 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan studi korelasional.

 

Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi antara kekuatan otot lengan terhadap passing bawah sebesar 41,68 %, terdapat kontribusi antara kecepatan reaksi terhadap passing bawah sebesar 51,96 %, terdapat kontribusi antara kelincahan terhadap passing bawah sebesar 41,28 %, dan secara simultan terdapat kontribusi antara ketiga variabel yaitu kekuatan otot lengan, kecepatan reaksi, dan kelincahan terhadap passing bawah sebesar 62,41 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi antara kekuatan otot lengan, kecepatan reaksi, dan kelincahan terhadap passing bawah pada atlet bolavoli putera Universitas Negeri Surabaya.

 

 

Kata kunci : kontribusi, kekuatan otot lengan, kecepatan reaksi, kelincahan, Passing bawah bolavoli.

 

Published
2013-01-31
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 151