KONTRIBUSI KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, TINGGI BADAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN SASARAN PUKULAN OPEN SPIKE OLAHRAGA BOLAVOLI

  • MUHAMMAD AGUS FEBRIANSYAH FIK Unesa
  • Nurkholis . FIK Unesa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan daya ledak otot tungkai, tinggi badan, kekuatan otot lengan terhadap ketepatan sasaran pukulan open spike dalam permainan bolavoli.

Sasaran penelitian ini adalah atlet putra Porpad Surabaya 2012 sebanyak 20 atlet. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.00. Untuk pengambilan data dilakukan dengan pengukuran daya ledak otot tungkai, tinggi badan, kekuatan otot lengan, dan ketepatan sasaran pukulan open spike.

Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui rata-rata hasil tes daya ledak otot tungkai sebesar 5646,40 watts, tinggi badan 172,95 cm, kekuatan otot lengan adalah 34,40 dan tes ketepatan sasaran open spike 6,45. Dengan demikian maka antara X2 terhadap Y ada hubungan yang signifikan sebesar 49,2 %, X1 terhadap Y tidak terdapat hubungan yang signifikan sebesar 34,8% dan X3 terhadap Y tidak terdapat hubungan yang signifikan sebesar 36,1%. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan sebesar 39% yang artinya daya ledak otot tungkai, tinggi badan dan kekuatan otot lengan secara bersamaan terdapat hubungan yang signifikan terhadap ketepatan sasaran pukulan open spike.

Published
2013-02-01
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 63