INTERCULTURAL NONVERBAL COMMUNICATION AMONG PLAYERS OF MANCHESTER UNITED FOOTBALL CLUB IN ENGLAND

  • PRAMESTI KUMALA B

Abstract

Abstrak

Permasalahan sederhana yang terjadi di sepak bola Liga Inggris adalah mengenai bahasa yang digunakan  oleh pemain lokal Inggris dan luar Inggris. Sebuah klub seperti Manchester United yang memiliki hampir setengah persentase dari keseluruhan skuad tentu mengalami permasalahan seperti ini. Beberapa pemain luar Inggris tidak familiar dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara verbal akan menyebabkan bahasa sebagai penghalang di dalam tim. Komunikasi nonverbal antar budaya adalah media untuk sekelompok individu dengan bermacam kewarganegaraan dan penghalang bahasa dalam situasi tertentu. Dalam proses tersebut melibatkan bahasa tubuh yang dimengerti secara semi-universal oleh anggota kelompok. Highlight pertandingan dari musim 2012/2013 hingga musim 2015/2016 adalah fokus utama dalam studi ini. Dokumentasi menjadi instrumen dalam studi ini, sedangkan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengalisis data. Hasil dari studi menunjukkan bagaimana pemain membangun komunikasi di dalam lapangan. Sumber data adalah screenshot yang diambil dari video highlight pertandingan maupun individual diunduh dari Youtube dan alamat web klub.

Kata Kunci: komunikasi antar budaya, komunikasi dalam lapangan, Manchester United.

 

Abstract

A cliché complication in English Premier League football is about languages which are used by English and non-English players. A club like Manchester United which possess nearly half percentage of non-English players in the whole squad certainly have this problem. Several non-English players are not quite familiar in communicating verbally in English. It surely emerges language barrier among the players. Intercultural nonverbal communication is a medium for a group of individuals with assorted nationalities and language barrier to communicate in particular circumstances. Match highlights from season 2012/2013 until 2015/2016 are the main focus in this study. Documentation is the instrument for this study. It applies descriptive qualitative method in analysing the data. The results of the study show how players build up their communication whilst playing with nonverbal behaviours.

Keywords: Intercultural communication, on-the-pitch communication, Manchester United.

Published
2016-05-13
How to Cite
KUMALA B, P. (2016). INTERCULTURAL NONVERBAL COMMUNICATION AMONG PLAYERS OF MANCHESTER UNITED FOOTBALL CLUB IN ENGLAND. LANGUAGE HORIZON, 4(2). https://doi.org/10.26740/lh.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 147