The Idea of Black and White Races which Reveal Human Identity in Derek Walcott’s Pantomime
Abstract
Konsep hitam dan putih adalah suatu keterbalikan dimana satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Keterbalikan
tersebut akan membentuk suatu keterbalikan biner dan akan memebentuk karakter baru dari seseorang. Hitam dan
putih juga dapat dikategorikan sebagai identitas post-kolonialis. Identitas adalah suatu entitas yang dinamis dan
melekat pada sesuat, terutama pada manusia. Dalam drama “Pantomime” karya Derek Walcott, dua tokoh utama
diceritakan secara ambigu yang mempengaruhi pembaca untuk mengidentifikasi watak tokoh tokoh tersebut. Kedua
tokoh tersebut membentuk identitas mereka masing masing sehingga muncul presence dan absence dari dalam
masing masing tokoh, yang mana absence tertutupi oleh presence. Terlebih, segala sesuatu pasti dikendalikan oleh
bahasa, sementara bahasa itu sendiri adalah suatu hal yang tidak pasti. Ketidakpastian ini akhirnya memunculkan
absence dari identitas manusia dalam tokoh – tokoh pada drama “Pantomime”. Oleh karena itu, identitas seseorang
selalu berubah ubah dan proses perubahan tersebut disebut difference yang berarti untuk membedakan dan menjadi
pembeda. Dengan menerapkan konsep tersebut, kedua tokoh tersebut mendekonstruksi identitas baru mereka. Tidak
terkecuali, ketika kedua tokoh tersebut mengalami proses perubahan, mereka juga pasti mengalami proses mimikri.
Mimikri, dalam karya post-kolonial, telah menghapus dan menyesuaikan beberapa aspek tradisi asing tanpa
mengabaikan tradisi local. “Pantomime” karya Derek Walcott’ sebagai drama post-kolonial, menguraikan mimikri
sebagai tulisan pembalik untuk membuat situasi keterbalikan antara dua kubu: Orang Inggris, sebagai penjajah, dan
orang Trinidad, sebagai terjajah. Kesimpulannya, konsep hitam dan putih, melalui peran Jackson dan Harry dalam
“Pantomime” karya Derek Walcott, akan membentuk identitas baru dari seseorang.
Kata Kunci: Hitam dan putih, postkolonialis, identitas manusia, difference, dekonstruksi, dan mimikri
Abstract
The idea of black and white is the opposition side that cannot be separated each other. That opposition side
will be formed as binary opposition, and it will build a new character of human being. Black and white also
could be categorized as postcolonial identity. Additionally, identity is dynamical entity and it adheres
strongly to the thing, especially for human. In Derek Walcott’s Pantomime, the two male characters are told
ambiguously that influence the interpreters to identify the identity of the two male characters. Both two
characters have constructed their identity, until there is presence and absence inside their character, which
the absence is hidden by the presence. Moreover, everything is controlled by language, while language is
unstable. This instability finally presents the absences of human identity in the characters of Walcott’s
Pantomime. Thus, it can be called that human identity is always changing, and the process of changing by
human identity is called differance that there is differing and deffering. By applying those concepts, the two
male characters deconstruct their new identity. Nevertheless, when both two male characters do the process
of changing, they must do the process of mimicry too. Mimicry, in postcolonial writing, has been
abrogation and appropriation some foreign cultural aspects without abandoning local cultures. Derek
Walcott’s Pantomime, as a postcolonial drama, elucidates mimicry as writing back to resituate the
opposition side between two parties: the English man represents to the colonizer and a Trinidadian man
represents to the colonized. In conclusion, the idea of black and white, through Jackson’s and Harry’s act in
Derek Walcott’s Pantomime will be constructed into new identity of human being.
Keywords: black and white, post-colonialism, human identity, differance, language, deconstruction, and
mimicry.
PDF Downloads: 1795