PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VIII SMPK SANTO BERNARDUS MADIUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode peta pikiran dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin, untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin dengan metode peta pikiran, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin dengan menggunakan metode peta pikiran siswa kelas VIII SMPK Santo Bernardus Madiun.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tes digunakan untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilakukan dengan dua kali tes tiap kelas yaitu pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini untuk kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan untuk kelas eksperimen 23 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Rata-rata nilai pre-test pada kelas kontrol yaitu 67,5 dan hasil post-test yaitu 81,1. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan metode peta pikiran dengan rata-rata nilai pre-test yaitu 63,3 dan nilai post-test yaitu 87,7. Metode peta pikiran terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas VIII SMPK Santo Bernardus Madiun tahun pelajaran 2014/2015 berpengaruh baik.
Adapun respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode “peta pikiran” memberikan jawaban yang positif terhadap pengajaran guru berkaitan dengan metode “peta pikiran”.Penggunaan metode “peta pikiran” di dalam kelas dalam pembelajaran bahasa Mandarin dirasakan efektif oleh siswa, karena metode ini adalah metode yang sesuai dalam mempelajari membaca pemahaman bahasa Mandarin, dapat menambah kemampuan membaca pemahaman, dan meningkatkan hasil belajar bahasa Mandarin.
Kata Kunci: Pengaruh, Peta Pikiran, Membaca Pemahaman
Abstract
The purpose of this study was to describe the application method of a mind map in teaching reading comprehension Mandarin, to describe the results of learning in reading comprehension Mandarin method mind map, and to describe the students' responses to learning reading comprehension Mandarin using mind maps eighth grade students SMPK St. Bernard Madiun.
This study is an experimental research. The test is used to determine the results obtained from the control class and experimental class is done with two tests for each class that is pre-test and post-test. The research subject to the control class numbered 22 students and 23 students for the experimental class.
The results showed an increase in learning outcomes in the control group and the experimental class. The average value of the pre-test the control class is 67.5 and post-test results is 81.1. Results of research on the experimental class with a mind map method with an average pre-test score is 63.3 and the value of post-test that is 87.7. Mind map method for reading comprehension Mandarin language in class VIII SMPK St. Bernard Madiun good effect in the academic year 2014/2015.
The students' response to the learning method "mind map" gives a positive answer to the teachers teaching with regard to the method of "mind map" . Use method "mind map" in the classroom in learning Mandarin effective perceived by students, because this method is a method appropriate in reading comprehension learn Mandarin, to increase reading comprehension, and improve learning outcomes Mandarin.
Keywords: Effect, Mind Map, Reading Comprehension
??
2014/2015??????SMPK???????????????????????????????
??: Febe Diyah Mustika Ningrum
??: 11020774002
???????
?????????
??: 1. Dr.Mintowati M. Pd.
2. Andi Cahyono, BTCFL, MTCSOL
??: 2015
????????????????
??????????????????????????????????????????????????????????????SMPK??????????????????????
?????????????????????????????????????????????????????????????22????????23????????
????????????????????????????????67.5??????81.1????????????????????????63.3?????87.7???????????????????????SMPK?????????????2014?2015??????????
???????“????”??????????“????”??????????????????????????????????????????????????“????”?????????????????????????
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

