PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MEMORI SISWA PADA SUB MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERALIK NILAI DI KELAS VII SMPN 5 TUBAN

  • YUSRATUL ATIQA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya
Pembelajaran di sekolah menggunakan
model/pendekatan yang kurang menonjolkan
keaktifan siswa sehingga menyebabkan pemahaman
konsep matematika tersebut tidak bisa bertahan
lama dalam pikiran siswa. Oleh karena itu, penulis
mencoba menerapkan salah satu inovasi pendekatan
pembelajaran matematika yaitu dengan pendekatan
pembelajaran matematika realistik.
Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah
untuk mengetahui pengaruh pendekatan
pembelajaran matematika realistik terhadap
perubahan penggunaan memori siswa pada sub
materi Perbandingan Senilai dan Berbalik nilai di
kelas VII SMP Negeri 5 Tuban. Rancangan
penelitian ini adalah true experimental design
dengan sampel penelitian terdiri dari kelas
eksperimen (VII-C) dan kelas kontrol (VII-D).
Dari hasil pemberian lembar inventori
memori 1 dan 2 didapatkan 18 siswa mengalami
perubahan/peningkatan penggunaan memori pada
kelas eksperimen dan 3 siswa pada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data dengan
menggunakan Chi Kuadrat 2x2 diperoleh harga Chi
Kuadrat sebesar 13,89. Kesimpulannya adalah
menerima hipotesis (H1) yaitu Pembelajaran
Matematika Realistik mempengaruhi memori siswa
dengan koefisien kontingensi 0,42.
Pembelajaran Matematika Realistik
dikatakan memiliki pengaruh yang cenderung besar
terhadap memori siswa dikarenakan harga Cmaks
sebesar 0,707 cukup dekat bila dibandingkan
dengan harga C itu sendiri. Pengaruh pembelajaran
matematika realistik terhadap memori siswa
diperkuat dengan ketuntasan belajar klasikal yang
tinggi yaitu sebesar 87,5%.
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 75