TIPE BERPIKIR SISWA SMPN 6 SURABAYA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBENTUK CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

  • YOLA YANETA HARSO

Abstract

Saat menyelesaikan masalah matematika, setiap siswa memiliki tipe berpikir yang berbeda-beda, tak terkecuali saat siswa memecahkan masalah berbentuk cerita. Tipe berpikir dalam pemecahan masalah berbentuk cerita dibedakan menjadi tipe konseptual, semikonseptual, dan komputasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan tipe berpikir siswa dalam memecahkan masalah berbentuk cerita persamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIE SMPN 6 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data digunakan wawancara berbasis tugas terhadap 8 subjek yang terdiri dari 2 subjek berkemampuan tinggi, 4 subjek berkemampuan sedang, dan 2 subjek berkemampuan rendah. Tugas yang diberikan berupa tes pemecahan masalah. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh informasi bahwa tipe berpikir kedua subjek berkemampuan tinggi adalah konseptual. Tipe berpikir subjek berkemampuan sedang yaitu 1 subjek semikonseptual, karena subjek tersebut kurang mampu memodelkan dan mengoperasikan persamaan linear variabel dengan tepat, 1 subjek konseptual, dan 2 subjek tidak teridentifikasi tipe berpikirnya, karena subjek tersebut tidak memenuhi salah satu dari ketiga tipe berpikir. Tipe berpikir kedua subjek berkemampuan rendah adalah komputasional. Kedua subjek tersebut tidak mampu memodelkan soal cerita ke dalam persamaan linear satu variabel dengan tepat. Dengan memperhatikan tipe berpikir siswa diharapkan guru mampu menggali kemampuan siswa dalam menjelaskan langkah-langkah pemecahan masalah secara lisan dalam menyelesaikan masalah berbentuk cerita persamaan linear satu variabel.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 35