STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA YANG DIPERSONALISASI DAN TIDAK PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD

  • FARADILLAH HARYANI INT

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesulitan utama terletak pada pemodelan matematika. Hasil beberapa penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang memengaruhi rendahnya kemampuan siswa dalam memodelkan soal cerita dalam matematika yaitu siswa tidak memiliki motivasi dan minat dalam menyelesaikan soal cerita dan ketidaksesuaian soal cerita dengan kehidupan nyata siswa. Sehingga, minat dan pengalaman siswa merupakan komponen penting yang dapat memengaruhi keberhasilan penyelesaian masalah.
Personalisasi soal cerita matematika merupakan teknik yang mengakomodir minat dan pengalaman siswa ke dalam soal cerita matematika. Dalam penelitian ini, peneliti membandingkan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika yang telah dipersonalisasi dengan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika yang tidak dipersonalisasi. Dengan mengetahui perbandingan tersebut, maka peneliti dapat mengetahui apakah personalisasi soal cerita matematika bisa dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan penyelsaian soal cerita matematika atau tidak.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 61