PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI KESEBANGUNAN UNTUK KELAS IX

  • AFARIT ROMADHAN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika yang dikarenakan proses pembelajaran. Pembelajaran yang terjadi masih cenderung guru sebagai pusat pengetahuan sehingga pembelajaran yang terjadi kurang bermakna bagi siswa. Salah satu pendekatan yang sesuai dengan adanya pemberian kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran adalah pendekatan dengan penemuan terbimbing. Untuk mendukung terlaksananya pendekatan penemuan terbimbing ini maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yaitu Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Materi dalam penelitian ini adalah tentang kesebangunan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan P lomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi, dan revisi, dan fase implementasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat dikatakan baik karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid ditunjukan oleh rata-rata total validitas 3,23. Kriteria praktis didasarkan pada hasil penilaian secara umum oleh kedua validator yang menyatakan bahwa LKS dapat digunakan dengan sedikit revisi dan hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata total sebesar 3,60. Kriteria efektif ditunjukkan dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dengan persentase sebesar 77,50% dan juga didasarkan pada respon siswa yang termasuk dalam kategori positif.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 20