PENEREPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN TUGAS PENGAJUAN SOAL PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN SEGITIGA

  • MUTSABITATIN ILMAH

Abstract

Matematika merupakan pondasi dan juga pelayan bagi ilmu pengetahuan. Namun matematika sering digambarkan sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, bahkan menakutkan. Oleh sebab itu, berbagai upaya dilakukan agar pemahaman terhadap matematika bisa maksimal dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tugas pengajuan soal. Pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah salah satu pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa secara mandiri. Sedangkan tugas pengajuan soal merupakan tugas untuk mengajukan soal baru berdasarkan informasi yang diberikan. Siswa juga diminta untuk menyelesaikan soal yang telah dibuatnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 22 Surabaya tahun pelajaran 2012/2013.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi edukatif antarsiswa yang paling dominan adalah siswa bertanya dalam kelompok tentang hal-hal yang berhubungan dengan masalah yang ada di LKS dengan persentase 30,38%. Sedangkan untuk interaksi edukatif antara guru dengan siswa yang paling dominan adalah siswa bertanya kepada guru mengenai masalah yang ada di LKS maupun di luar LKS yang masih berhubungan dengan materi yang dipelajari dengan persentase 23,96%, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar97,37%. Kualitas soal yang diajukan siswa yakni sebanyak 26 siswa mengajukan soal kategori sedang, 2 siswa kategori baik dan 9 siswa kategori sangat baik.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 118