MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI BOLA

  • DEBBY DWI SUSANTI

Abstract

Salah satu cara untuk mengatasi siswa pasif dalam pembelajaran matematika ini yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran mampu mempengaruhi minat siswa dalam belajar. Minat siswa yang meningkat mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif media pembelajaran yang digunakan adalah komputer. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa dan mendeskripsikan perbandingan hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan media berbasis komputer dengan hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan menggunakan media berbais komputer untuk materi bola. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan kelas IX B SMP Negeri 22 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika mengalami peningkatan setelah menerima pembelajaran menggunakan media berbasis komputer. 77,14% siswa mengalami peningkatan minat belajar dan termasuk dalam kategori tinggi. Perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Rata-rata posttes kelas eksperimen yaitu sebesar 88,91, sedangkan rata-rata posttes kelas kontrol yaitu sebesar 83,49.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 57